MODEL KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB NEGERI COLOMADU DALAM INTERAKSI SOSIAL

  • Nur Fidah Erfani

Abstract




Komunikasi antar pribadi adalah penyampaian informasi berupa kata-kata kepada penerima dengan menggunakan medium suara manusia. Dalam proses penyampaian informasi terdapat gangguan yang dapat menyebabkan kegagalan komunikasi. Sedangkan retardasi mental adalah keterbatasan kemampuan yang diakibatkan oleh gangguan yang bermakna dalam intelegensi terukur dan perilaku penyesuaian diri (adaptif). Fenomena keberadaan anak retardasi mental di lingkungan sekitar menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian komunikasi antar pribadi anak retardasi mental penting untuk diteliti karena komunikasi sangat berpengaruh terhadap interaksi sosial dalam menjalankan kehidupan sosial. Penulis memilih lokasi penelitian di SDLB Negeri
Colomadu karena letak sekolah yang strategis yakni berada di perbatasan berbagai Kabupaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi antar pribadi siswa retardasi mental di SDLB Negeri Colomadu dalam berinteraksi sosial dengan teman, orang tua dan lingkungan
sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan siswa ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, data dihimpun melalui observasi dan didukung data sekunder dengan wawancara terhadap informan yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar  pribadi anak retardasi mental terjalin tanpa hambatan ketika  berkomunikasi dengan komunikan yang memiliki kedudukan yang sederajat yaitu dengan teman di sekolah yang sama-sama memiliki kebutuhan khusus. Sedangkan komunikasi dengan orang tua, guru dan lingkungan sekitar terdapat beberapa kendala seperti ketidakpahaman komunikan terhadap informasi yang disampaikan anak retardasi mental. Anak retardasi mental mampu berinteraksi sosial dengan pola imitasi, yakni meniru apa yang dilihat orang lain.
Namun anak retardasi mental tidak dapat melakukan interaksi sosial secara maksimal dikarenakan hambatan komunikasi dan keterbasan intelegensi yang rendah. 




Published
2018-05-07
How to Cite
ERFANI, Nur Fidah. MODEL KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB NEGERI COLOMADU DALAM INTERAKSI SOSIAL. JURNAL KOMUNITAS, [S.l.], v. 5, n. 2, may 2018. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JKOM/article/view/213>. Date accessed: 21 may 2019.