POLA ASUH ORANGTUA DITINJAU DARI KECENDERUNGAN BULLYING PADA REMAJA

  • AMADEA DINAPRAMESI

Abstract

Orangtua mempunyai pengaruh terhadap anak. Perlakuan orangtua yang berbeda -beda akan menghasilkan anak dengan tingkah laku yang berbeda -beda
pula. Anak yang mendapatkan pengasuhan dengan rasa sayang dan juga keterlibatan yang tinggi dari orangtua akan tumbuh menjadi anak yang memiliki kontrol diri yang baik, percaya diri dan juga kompeten. Sebaliknya, tidak adanya atau kurangnya rasa sayang dan keterlibatan orangtua akan menyebabkan anak terjerumus ke dalam perilaku-perilaku yang buruk dan perilaku buruk tersebut akan terbawa hingga remaja. Salah satu perilaku buruk yang dilakukan remaja adalah bullying .
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola asuh orangtua dan skala bullying. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMA Kristen 1 Suarakarta dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang, yang diperoleh melalui teknik purposive random sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Product Moment dari Pearson dengan bantuan SPSS for Windows Release 22,0.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara pola asuh orangtua dengan kecenderungan bullying ( (R) = 0,074 (p<0,05) ). Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh orangtua tidak dapat dijadikan prediktor tunggal dalam menentukkan kecenderungan bullying.

Published
2016-08-16
How to Cite
DINAPRAMESI, AMADEA. POLA ASUH ORANGTUA DITINJAU DARI KECENDERUNGAN BULLYING PADA REMAJA. JURNAL TALENTA, [S.l.], v. 5, n. 2, aug. 2016. ISSN 2089-905X. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/13>. Date accessed: 14 july 2020.