HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA

  • CITRA MUSTIKA NING PUTRI

Abstract

Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh orang tua merupakan salah satu faktor yang mendukung tumbuhnya rasa percaya diri pada anak. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan anak terhadap kepercayaan diri pada remaja.


Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala komunikasi interpersonal dan skala kepercayaan diri. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Sahid Surakarta dengan jumlah total sampel 100 orang, yang diperoleh dengan teknik incidental sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson  dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) for Windows Release 22.0.


Dari hasil analisis menunjukkan tingkat komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri mahasiswa dalam kategori tinggi dengan prosentase 52,0 % untuk komunikasi interpersonal dan 61,0 % untuk kepercayaan diri. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi product moment didapatkan hasil 0, 573 dengan nilai p = 0,000 < 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri pada remaja.

Published
2016-08-16
How to Cite
PUTRI, CITRA MUSTIKA NING. HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA. JURNAL TALENTA, [S.l.], v. 5, n. 2, aug. 2016. ISSN 2089-905X. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/14>. Date accessed: 22 nov. 2019.