PERILAKU MEROKOK DITINJAU DARI PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN POLA ASUH PERMISIF PADA RAMAJA LAKI-LAKI DI SMAK BONAVENTURA MADIUN

  • David Ary Wicaksono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengaruh kelompok teman sebaya dan pola asuh permisif terhadap perilaku merokok. Subjek penelitian adalah remaja laki-laki di SMAK Bonaventura Madiun yang berjumlah 68 remaja. Alat ukur yang digunakan adalah skala. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor menggunakan program SPSS versi 21.


Berdasarkan hasil perhitungan analisis diperoleh nilai koefisien korelasi R= 0,815, (p > 0,05). Hasil dalam penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang sangat signifikan antara pengaruh kelompok teman sebaya dan pola asuh permisif dengan perilaku merokok.


Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kelompok teman sebaya dan pola asuh permisif tidak dapat dijadikan prediktor untuk memprediksikan perilaku merokok remaja terutama di SMAK Bonaventura Madiun.

Published
2016-08-16
How to Cite
WICAKSONO, David Ary. PERILAKU MEROKOK DITINJAU DARI PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN POLA ASUH PERMISIF PADA RAMAJA LAKI-LAKI DI SMAK BONAVENTURA MADIUN. JURNAL TALENTA, [S.l.], v. 5, n. 2, aug. 2016. ISSN 2089-905X. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/16>. Date accessed: 29 mar. 2020.