MOTIVASI KERJA GURU DI LES BACA ANAK HEBAT

  • ERISTA FEMILIAN

Abstract

Perkembangan di dunia pendidikan, guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan. Profesi guru  mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar, dan melatih. Guru mengajar karena ada sesuatu yang memotivasi dirinya untuk bekerja. Motivasi kerja ini yang
menyebabkan seorang guru untuk bersemangat dalam menjalankan tugas sebagai pendidik. Menjadi guru tanpa motivasi kerja akan cepat merasa jenuh karena tidak
adanya unsur pendorong. Motivasi menjadi aktualisasi seorang guru untuk meningkatkan kinerjanya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi guru di lembaga bimbingan belajar Les Baca Anak hebat, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi bekerja guru, serta (3) macam-macam motivasi kerja guru.


Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di Les Baca Anak Hebat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yaitu setelah data yang berkaitan dengan penelitian terkumpul selanjutnya penulis menyusun, meringkas, menyajikan, memberi deskripsi, menganalisa data yang berupa pernyataan-pernyataan untuk memperoleh kesimpulan dan mengambil keputusan secara benar dengan menggunakan data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi kerja guru di les baca anak hebat berasal dari dalam diri yaitu guru menyukai anak-anak dan ingin mengetahui karakter serta ingin mencari pengalaman bekerja. (2) Faktor-faktor bekerja menurut
guru di lembaga bimbingan les baca anak hebat adalah adanya minat dan kebutuhan
yang timbul dari dalam diri individu untuk mengajar. (3) Macam-macam motivasi
bekerja menjadi seorang guru yaitu adanya faktor dari dalam diri (instrinsik) dan
faktor dari luar diri (ekstrinsik).

Published
2016-08-16
How to Cite
FEMILIAN, ERISTA. MOTIVASI KERJA GURU DI LES BACA ANAK HEBAT. JURNAL TALENTA, [S.l.], v. 5, n. 2, aug. 2016. ISSN 2089-905X. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/18>. Date accessed: 29 mar. 2020.