Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesepian Pada Lansia Di Panti Wredha Dharma Bakti Pajang Laweyan Surakarta

  • Dian Sartika

Abstract

Latar Belakang : Pada umumnya masalah yang paling banyak terjadi pada lansia adalah kesepian dengan perasaan tersisihkan, terpencil dari orang lain, karena merasa berbeda dengan orang lain. Bahaya kesepian pada lansia dianggap memiliki dampak lebih besar dibandingkan dengan usia muda, akibatnya penyesuaian pribadi dan sosial pada lansia jauh lebih sulit. Dengan demikian dibutuhkan kondisi hidup yang menunjang agar lansia dapat menjalani masa lansia dengan baik dan memuaskan, kondisi hidup yang menunjang juga dibutuhkan agar lansia tidak tertekan karena memasuki masa lansia.


            Tujuan dari penelitian : Untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap kesepian pada lansia di Panti Wredha Dharma Bakti Pajang Laweyan Surakarta.


            Metode Penelitian : Jenis penelitian yang di gunakan survei analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh lansia yang berusia 60 - 74 tahun yang atas kiriman keluarga yang berada di Panti Wredha Dharma Bakti Pajang Laweyan Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Pengumpulan data yaitu kuesioner. Teknik analisa data yaitu univariat dan bivariat yaitu uji korelasi Spearman Rho.


            Hasil Penelitian : Menunjukkan: (1) Kesepian yang dialami oleh lansia sebagian besar termasuk kategori cukup sebanyak 32 responden (71,1%), (2) dukungan sosial terhadap lansia menunjukkan sebagian besar lansia memperoleh dukungan sosial kategori cukup sebanyak 29 responden (64,4%), dan (3) ada pengaruh dukungan sosial terhadap kesepian pada lansia dengan hasil uji korelasi  Spearman Rho diperoleh p-value 0,000.


            Simpulan : Ada pengaruh dukungan sosial terhadap kesepian pada lansia di Panti Wredha Dharma Bakti Pajang Laweyan Surakarta

Published
2017-02-07
How to Cite
SARTIKA, Dian. Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesepian Pada Lansia Di Panti Wredha Dharma Bakti Pajang Laweyan Surakarta. JURNAL TALENTA, [S.l.], v. 6, n. 1, feb. 2017. ISSN 2089-905X. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/627>. Date accessed: 20 oct. 2020.