Hubungan Tingkat Kekerasan Terhadap Anak Dalam Rumah Tangga Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Anak Kelas 3-6 Di Sd Negeri Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang

  • Setiani Dyah Trisanti

Abstract

Latar Belakang : Kekerasan terhadap anak di dalam rumah tangga sering dilakukan oleh orang terdekat anak yang dipercayai anak untuk melindungi dan menjaga diri mereka. Survei pendahuluan diketahui bahwa menurut salah satu guru di sekolah menyatakan bahwa beberapa anak pernah mengalami kekerasan yang dilakukan oleh orang tuanya, kekerasan tersebut timbul disebabkan oleh kondisi ekonomi yang lemah, orang tua sudah tidak bekerja, ada anak yang orang tuanya sedang sakit sehingga anak tersebut dibebaskan dari biaya sekolah. Apabila hal ini tidak ditanggulangi maka akan berdampak pada kepercayaan diri anak.


Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga dengan tingkat kepercayaan diri anak kelas 3-6 di SD Negeri Pangkalan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang.


Metode : Penelitian ini merupakan jenis deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Populasinya adalah seluruh anak kelas 3-6 (8-12 tahun) yang bersekolah di SD Negeri Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang yaitu sebanyak 75 anak, dengan teknik total sampling. Teknik analisis data dengan analisis korelasi rank spearman.


Hasil : (1) Sebagian besar responden mempunyai tingkat kekerasan terhadap anak dalam rumah termasuk sedang sebanyak 50 anak (66,7%); (2) Sebagian besar responden mempunyai tingkat kepercayaan diri termasuk baik yaitu sebanyak 37 anak (49,3%); (3) Ada ada hubungan tingkat kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga dengan tingkat kepercayaan diri anak kelas 3-6 di SD Negeri Pangkalan, artinya bahwa semakin tingkat tingkat kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga maka semakin menurun tingkat kepercayaan diri anak kelas 3-6 di SD Negeri Pangkalan (rxy = -0,478; p = 0,000).


Simpulan : Ada ada hubungan tingkat kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga dengan tingkat kepercayaan diri anak kelas 3-6 di SD Negeri Pangkalan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang.

Published
2017-02-07
How to Cite
TRISANTI, Setiani Dyah. Hubungan Tingkat Kekerasan Terhadap Anak Dalam Rumah Tangga Dengan Tingkat Kepercayaan Diri Anak Kelas 3-6 Di Sd Negeri Pangkalan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. JURNAL TALENTA, [S.l.], v. 6, n. 1, feb. 2017. ISSN 2089-905X. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/629>. Date accessed: 20 oct. 2020.