Pengaruh Terapi Psikoreligius Terhadap Tingkat Kecemasan Santri Skizofrenia Di Pondok Pesantren Assyifa Desa Cepoko

  • Rosyid Nur Kholiq

Abstract

Latar Belakang: Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Pondok Asyyifa Desa Cepoko didapatkan data bahwa jumlah Santri/ Pasien Skizofrenia Bulan November 2014 sebanyak 196 Pasien. Banyak faktor yang bisa menimbulkan kecemasan antara lain lingkungan yang kurang nyaman, perpisahan dengan orang-orang yang dicintai dan kehilangan harta benda. Hasil observasi dari 6 orang Santri skizofrenia ditemukan beberapa gejala kecemasan diantaranya tidak tenang, jari gemetar, muka tegang, daya ingat buruk dan mudah tersinggung,


            Tujuan: Mengetahui pengaruh terapi psikoreligius terhadap tingkat kecemasan santri skizofrenia di Pondok Pesantren Assyifa Desa Cepoko.


            Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan one group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini 196 orang, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi tentang tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan terapi psikoreligius. Alat analisis data yang digunakan dengan uji t-test.


            Hasil: (1) Tingkat kecemasan Santri skzofrenia sebelum terapi psikoreligius, kategori ringan yaitu sebanyak 39 responden (80%) dan sedang sebanyak 10 responden (20%); (2) Tingkat kecemasan sanri skizofrenia sesudah terapi psikorelgius, kecemasan kategori ringan sebanyak 22 responden (45%), tidak cemas sebanyak 20 responden (41%) dan cemas sedang sebanyak 7 responden (14%). (3) Ada pengaruh terapi psikoreligius terhadap tingkat kecemasan Santri skizofrenia (ρ=0,0)


Simpulan : Ada pengaruh terapi psikoreligius terhadap tingkat kecemasan Santri skizofrenia

Published
2017-02-07
How to Cite
KHOLIQ, Rosyid Nur. Pengaruh Terapi Psikoreligius Terhadap Tingkat Kecemasan Santri Skizofrenia Di Pondok Pesantren Assyifa Desa Cepoko. JURNAL TALENTA, [S.l.], v. 6, n. 1, feb. 2017. ISSN 2089-905X. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/631>. Date accessed: 20 oct. 2020.