Strategi Humas Berdikari Incorporate Surakarta dalam Membangun Insight Opini Publik

Authors

  • Enjang Simon Wibisono Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sofia Ningsih Rahayu Putri Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Musta’an Musta’an Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Insight, Humas, Stategi, Opini Publik

Abstract

Strategi Humas di Berdikari Incorporate Surakarta dalam membangun insight opini publik dan untuk menambah wawasan/ pengetahuan tentang strategi yang bisa dilakukan oleh seorang Humas di era sekarang, adalah inti dari artikel ini. Strategi yang dilakukan Humas ke dalam membangun insight opini publik yaitu untuk mengetahui terlebih dahulu program kerja yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menjelaskan objek yang diteliti berdasarkan dengan fakta yang terjadi di lapangan. Pada kegiatan ini Humas Berdikari sudah memberikan layanan yang dapat mempermudah para calon pelanggan yang bekerjasama nantinya sehingga dapat terhubung dengan mudah dan lancar. Opini publik memunyai peranan sangat penting karena sarana kunci keberhasilan suatu organisasi. Media dapat membangun citra perusahaan dengan menyediakan publisitas gratis, melalui sistem perencanaan, pengorganisasian, mengomunikasikan serta mengevaluasi bahan-bahan yang diperoleh dari konsumen atau dari laman internet.

References

Afkarina, Nur Izza. 2018. Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Public

Opinion Lembaga Pendidikan. Jurnal Idaarah, 2(1), 51.

Amalia E. Maulana. 2009. Consumer Insight via Ethnography.Jakarta: Erlangga, 25-26

Anggoro,M. Linggar. 2002. Teori dan Profesi KeHumasan serta Aplikasinya di

Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 62

Apriyanti, M. (2013). Pelaksanaan Fungsi Public Relations Oleh Binamitra di Kantor

Polsekta Samarinda Ulu. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 235-250.

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. (2010). Dasar-Dasar Public Relations.

Bandung: Remaja Rosdakarya, 13.

Arifin, Anwar. 2003. Opini Publik. Jakarta: Pustaka Indonesia

Cutlip, Center.2000. Effective Public Relations. Bandung:Kecana Permada Media

Group

Farouk, U. (2009). Peran Public Relations di perguruan tinggi negeri (PTN) dalam era

badan hukum pendidikan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Kebijakan Publik,

(1), 68-77.

Gregory, Anne. 2004. Perencanaan dan Kampanye Public Relations. Jakarta: Erlangga

Hadari Nawawi (1975) jenis penelitian field research

Hadi, Nor., 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu, 46

Hasan Baharun, Z. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan

Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard.

Tulungagung: Akademia Pustaka.

Herlina Sisilia. 2015. Strategi Komunikasi Humas dalam membentuk Citra

Pemerintahan di Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(3): 493

Irwansyah dan Meranti. 2018. Kajian Humas Digital: Transformasi dan Kontribusi

Industri 4.0 pada Stratejik KeHumasan. Jurnal Teknologi Informasi dan

Komunikasi, 7(1): 27-36.

Jurnal PR Indonesia. 2007. Volume 1(2)

M Ahmad anwar , ( 1975) ) penelitian penelitian field research

Moekijat. 1990. Kamus Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju

S. Gassing Syarifuddin, & Suryanto, Public Relations. (Yogyakarta: Andi Offset, 2016),

h.9

Olii, Helena. 2007. Opini publik. Jakarta: PT Indeks.

Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Usman, Husain dan Purnomo Setiadi Akbar. 2008.Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyu Ridha, Strategi Pubik relations dalam Membangun Citra Perusahaan Pada excellent Islamic School (EXISS) A BA TA, Skripsi, (UIN Syarif hidayatullah Jakarta: 2014), h. 14.

Downloads

Published

2021-12-26

Citation Check