Citra DPRD Kota Surakarta yang Dibentuk melalui Karakteristik Opini Publik dalam Peran Humas debagai Communicator

Authors

  • Lalita Vistara Devi Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Rahmat Wisudawanto Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Dyah Retno Pratiwi Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Karakteristik Opini Publik, Citra, DPRD Kota Surakarta, Instagram

Abstract

Humas memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalin hubungan baik dengan publik baik intern maupun ekstern sebuah perusahaan, lembaga ataupun kantor pemerintahan. Peran Humas dalam sebuah institusi tidak dapat dikesampingkan mengingat Humas memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan opini disebuah institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana citra DPRD Kota Surakarta yang dibentuk melalui karakteristik opini publik dalam peran Humas sebagai communicator. Jenis penelitian ini menggunakan pendeketan desktiptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan citra yang dilakukan oleh Humas DPRD Kota Surakarta melalui media sosial Instagram mempunyai pengaruh pentik, tidak memiliki pengaruh negatif dan mempunyai pengaruh yang positif terhadap intansi tersebut.

References

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi:

Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nimmo, Dan. 2000. Pengantar Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan

Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hanindyalaila, Pienrasmi. 2015. Pemanfaatan Sosial Media oleh Praktisi Public

Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi (Online), Vol. 9, No.2.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-27

Citation Check