ANALISIS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KULINER DI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Edi Pramono Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Rusnandari Retno Cahyani Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Annisa Indah Mutiasari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Personal relevance, Interactivity, Message, Brand Familiarity, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi melalui media sosial yang terdiri dari personal relevance, interactivity, message dan brand familiarity terhadap variabel keputusan pembelian produk kuliner di Kota Surakarta. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen produk kuliner di Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel personal relevance, interactivity, message dan brand familiarity berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kuliner di Surakarta. Nilai R square sebesar 0,91 artinya pengaruh variabel bebas sebesar 91% terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan faktor lain sebesar 9% sisanya tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Anuraga, Wirawan & Sitohang, Sonang. 2015. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4, No. 10, p. 7.

Anggraini, Wiwi. 2017. Pengaruh Promosi melalui Iklan Online dan Electronic Word of Mouth di Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Ayam Goreng Miami Chicken. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Asmaya, Fela. 2015. Penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Perilaku Prososial Remaja di Kenagarian Kota Bandung. JOM FISIP. Vol. 2, No.2, p. 2.

Baktiono, R. Agus & Artaya, I Putu. 2016. Memilih Media Sosial sebagai Sarana Bisnis Online melalui Pendekatan Uji Categorical. Jurnal Manajemen Kinerja. Vol. 2, No. 2, p. 3.

Campbell, D. E., Wright, R. T. 2014. Shut Up: I Dont Care: Understanding The Role of Relevance and Interactivity on Custumers Attitude Toward Repetitive Online Advertising. Electronic Commerce Research, 9 (1): hlm. 62-72 [diakses pada 26 Desember 2020].

Erkamim, M., Wati, V., Wartono, W., & Fitriyadi, F. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Penelitian Dosen Menggunakan Metode Prototyping. Tekinfo: Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi, 10(2), 117-128.

Fitriyadi, F., Efendi, T. F., & Erkamim, M. (2021). Perancangan Interface Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Cabai dengan Metode Extreme Programming (XP). Jurnal Informatika, Komputer dan Bisnis (JIKOBIS), 1(01), 039-047.

Khoiro, Failatul; Rachma, N & Hufron, M. 2018. Pengaruh Promosi Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian dengan Viral Marketing sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Warung Siji House and Resto Malang). e-Jurnal Riset Manajemen. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Unisma.

Kotler, Philip & Amstrong, Garry. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Luthfia, Widha Emil. 2014. Analisis Pengaruh Kulitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Coffeshop Kofisyop tembalang. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Prasetya, A., Muqorobin, M., & Fitriyadi, F. (2021). Operating System Development Based on Open Source Software in Online Learning Systems. International Journal of Computer and Information System (IJCIS), 2(2), 45-48.

Saeroji, Amad, dan Wijaya, Deria Adi. 2017. Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Terapan, No. 1, Vol. 1.

Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L. 2013. Consumer Behavior. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Sigit, Soehandri. 2012. Pemasaran Praktis (Practical Marketing). Cet. Ke-2. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-31

Citation Check