Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Simulasi Virtual Pada Materi Momentum Dan Impuls di SMAN 1 Siempat Nempu Hilir

Authors

  • Rini Simamora Universitas Jambi, Indonesia
  • Maison Maison Universitas Jambi, Indonesia
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi, Indonesia
  • Budiman Munte SMAN 1 Siempat Nempu Hilir, Indonesia

Keywords:

simulasi virtual, kemampuan berpikir kritis, metode pembelajaran

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan simulasi virtual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan melakukan wawancara dan menggunakan jenis penelitian kualitatif dekskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Siempat Nempu Hilir dengan kelas yang diambil yaitu kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2. Tehnik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling, penentuan sampel berdasarkan pertimbangan karakter siswa dan kemampuan berpikir kritis yang lebih rendah dari pada kelas lain. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMAN 1 Siempat Nempu Hilir masih tergolong rendah. Metode pembelajaran yang digunakan tidak dapat membuat siswa memiliki kemampuan siswa dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, memahami, menganalisis serta menyimpulkan materi pelajaran fisika yang diajarkan oleh guru. Dengan demikian, melalui simulasi virtual ini diharapkan dapat memperbaiki keterampilan berpikir kritis siswa dan meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa serta memberi kesempatan kepada siswa untuk berlatih metode ilmiah.

References

[1] Anggraini., Rahadi & Nurul. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Fisika SMA Se-Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Warta Desa, 1(2), 224 – 230.
[2] Arini, W & Juliadi. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia, 10(1), 2 -11.
[3] Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
[4] Erviani., Sutarto & Indrawati. (2016). Model Pembelajaran Instruction, Doing, Dan Evaluating (MPIDE) Disertai Resume Dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53 – 59.
[5] Hermansyah., Gunawan & Loly. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97 – 102.
[6] Indrawati. 2011. Pengaruh Analisis Gambar Demonstrasi pada Pembelajaran Fisika dan Pengetahuan Atas Prosedural Semester Awal Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Saintifika. ISSN :1411-5433, 13(2) : 1-15.
[7] Mayangsari., Nuriman & Agustiningsih. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ, I(1), 28-31.
[8] Muthmainnah., Joni & Jannatin. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, III( 1). 41 – 47.
[9] Pane, Aprida & Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2), 334 – 352.
[10] Qohar, B & Sulandra. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 911 – 922.
[11] Ramdani, D & Badriah. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Bio Educatio, 3(2), 38- 44.
[12] Rismawati., Ratman &Andi Imrah Dewi. (2014). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas pada Siswa Kelas IV SDN No. 1 Balukang 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1). 200- 215.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check