Penggunaan Media Pembelajaran Pada Pengajaran Jarak Jauh Bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Somawati . Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Rita Karmila Sari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

Keywords:

media pembelajaran, jarak jauh, usia dini

Abstract

Setiap pembelajaran yang diberikan pada anak hendaknya mampu menstimulasi berbagai aspek perkembangannya. Media sebagai alat yang digunakan untuk menyampaikan isi pembelajaran. Media itu sendiri merupakan semua hal yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan dari pengirim ke penerima untuk menerangkan pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian anak sehingga proses belajar terjadi. Bila dikaitkan dengan pembelajaran anak usia dini, maka media dimaksudkan sebagai alat yang menjadi perantara dalam menyampaikan pembelajaran pada anak usia dini. Tujuan kegiatan ini agar kemampuan guru-guru khususnya dalam penggunaan dan pemanfaatan game edukasi sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan dan siswa/i KB GODWILLING meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademiknya sehingga guru dan sekolah mengetahui potensi mereka selama pembelajaran daring berlangsung. Metode kegiatan ini yaitu ceramah atau presentasi dan bimbingan. Hasil dan pembahasan dari kegiatan ini yaitu materi yang disampaikan dianggap hal baru bagi para guru sehingga mereka membutuhkan proses dalam menerima materi dan mempraktekkan game edukasi ini dalam pengajaran mereka. Serta dari 5 aplikasi yang dijelaskan yaitu kahoot, quizizz, quizlet, educandy, dan wordwall, umumnya guru-guru lebih menyukai aplikasi quizizz karena dianggap lebih mudah dan banyak perpustakaan soal-soal yang dapat mereka akses sehingga memudahkan membuat bahan pelajaran. Simpulan dalam kegiatan ini yaitu terdapat 5 aplikasi yang dijelaskan dalam kegiatan yaitu Kahoot, Quizizz, Quizlet, Educandy, dan wordwall. Selain itu, hasil sosialisasi ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga kualitas Pendidikan siswa juga semangkin baik. Para guru dapat menjelaskan materi dengan lebih menarik dengan aplikasi game edukasi dan sekolah juga dapat meningkatkan kualitas dan mutu para tenaga pendidiknya.

References

[1] K. Sa’diyah and Amiruddin, “Pentingnya Psychological Well Being di Masa Pandemi Covid 19,” J. Kariman, 2020, doi: 10.52185/kariman.v8i02.149.
[2] I. Lathifah and W. N. Azizah, “PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA PERUBAHAN PENDIDIKAN DI KELOMPOK
BERMAIN MUTIARA BUNDA KABUPATEN CILACAP,” Al-Munqidz J. Kaji. Keislam.,2020, doi: 10.52802/amk.v8i2.252.
[3] M. Afif, “Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in,” KABILAH J. Soc. Community, 2019, doi:
10.35127/kbl.v4i2.3592.
[4] J. Sabaryati, Z. Zulkarnain, M. Isnaini, and A. Manan, “COBEK (COMUNITAS BELAJAR AKTIF) DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ONLINE (MI-O) SEBAGAI
INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.3320.
[5] Q. Hasanah, “Pemanfaatan Aplikasi Whastapp sebagai Media E-Learning Masa Covid-19 pada Mata Kuliah Biomolekul dan Metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu,”Indones. Sci. Educ. J., 2020.
[6] A. M. Irfanudin and I. Jamil, “PENYULUHAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASS ROOM (GCR)
UNTUK SISWA/I SEKOLAH SELAMA PERIODE BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI TK ISLAM AL-KAMAL,” Dedik. PKM, 2020, doi: 10.32493/dedikasipkm.v2i1.8507.
[7] A. N. Rasyid, S. Amaliyah, and A. I. Nurlaili, “Kajian Kritis Penggunaan Aplikasi TeleConference Zoom dalam Perkuliahan Online Selama Masa Tanggap COVID-19,”VEKTOR J. Pendidik. IPA, 2020, doi: 10.35719/vektor.v1i2.7.
[8] R. R. Pasberkala, “Kepekaan Sosial (Social Awareness) Anak Usia Dini Berdasarkan pada Tingkat Pendidikan Orangtua di Paud Islam Al Madina,” Thesis (Under Grad. Univ.Negeri Semarang, 2019.
[9] A. R. KS, “PENGEMBANGAN MEDIA HAND PUPPET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA AWAL ANAK USIA DINI,” 2020.
[10] A. Zamsuri, F. Suandi, and R. Novendra, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Multimedia : Studi Kasus Videografi,” J. Intra Tech, 2019.
[11] B. P. Wiguna, “SPRITUALITAS IBADAH DALAM TRADISI METHODIST DI TENGAH PANDEMI COVID-19,” Voice Wesley J. Ilm. Musik dan Agama, 2020, doi:
10.36972/jvow.v3i2.55.
[12] B. Asmara, “PENGGUNAAN MEDIA BAHAN DAUR ULANG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA S1 PG-PAUD DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA,” Educ. Hum. Dev. J., 2019, doi: 10.33086/ehdj.v4i1.1083.
[13] A. B. Wijaya and R. O. Andriyono, “Penerapan HOTs Pada Media Pembelajaran Game Matamatika Dengan Metode DGBL,” JITU J. Inform. Technol. Commun., 2020, doi:10.36596/jitu.v4i2.258.
[14] N. Fathonah and E. Ladyawati, “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF UNTUK POS PAUD TERPADU (PPT) DI KELURAHAN BALAS KLUMPRIK KECAMATAN WIYUNG KOTA SURABAYA,” WAHANA, 2016, doi: 10.36456/wahana.v67i2.496.
[15] I. J. Shodiq and H. S. Zainiyati, “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEARNING MENGGUNAKAN WHASTSAPP SEBAGAI SOLUSI DITENGAH PENYEBARAN COVID-19 DI MI NURULHUDA JELU,” Al-Insyiroh J. Stud. Keislam., 2020, doi: 10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946.
[16] S. Ayuni Kaffah et al., “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini,” Indones. J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini, 2020.
[17] T. Hidayat, A. Hidayatullah, and R. Agustini, “Kajian Permainan Edukasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Deiksis J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., 2019, doi: 10.33603/dj.v6i2.2111.
[18] Y. Apsari, I. Lisdawati, and E. R. Mulyani, “Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris,” Abdimas Siliwangi, 2020.
[19] H. D. Pramono, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Game Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Mobile,” J. Inf. Technol., 2018.
[20] P. R. Sandri, A. Trisnadoli, and E. S. Nugroho, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Dasar untuk Anak TK,” SMATIKA J., 2020, doi:10.32664/smatika.v9i02.384.
[21] G. Irianto and A. Lestari, “Peningkatan Pengetahuan Care Giver Dalam Merawat Lansia Di Pslu Natar,” J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy., 2021, doi: 10.33024/jkpm.v4i3.3842.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check