Analisis Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Kelas X IPA MAN 1 Merangin

Authors

  • Sri Muslimatul Husna Universitas Jambi, Indonesia
  • Maison . universitas Jambi, Indonesia
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi, Indonesia
  • Resnawati . Universitas Jambi, Indonesia

Keywords:

concentration, study, physics

Abstract

Ketidakmampuan siswa untuk membangun jalan pikiran (konsentrasi) dalam merespon dan menginterpretasikan pelajaran terkait dengan metode mengajar guru dan juga suasana di dalam kelas, sehingga menuntut siswa untuk memperhatikan dan berkonsentrasi agar dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka dalam memahami materi pelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa dalam pelajaran fisika, hal itu dikarenakan konsentrasi sebagai modal utama bagi siswa dalam menerima materi ajar serta menjadi indikator suksesnya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika, faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhinya, dan upaya guru untuk mengatasi faktor penghambat konsentrasi belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur dengan jumlah pertanyaan sebanyak 8 butir. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah salah satu guru fisika kelas X IPA MAN 1 Merangin yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Miles dan Huberman yang mencakup data collection, reduction, data display, dan conclusion drawing atau verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
konsentrasi belajar siswa dikelas X IPA MAN 1 Merangin dalam pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Saat pembelajaran berlangsung, siswa asyik dengan kesibukannya masing-masing. Hal itu dikarenakan siswa menganggap fisika itu sulit, sehingga siswa malas untuk belajar fisika. Fasilitas sekolah yang tidak memadai serta lingkungan belajar yang tidak kondusif juga mempengaruhi konsentrasi belajar. Upaya guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa yaitu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar. Kata Kunci: konsentrasi, belajar, fisika

References

[1] O. J. Dores, Y. Lisa, O. Vorina, “Analisis konsentrasi belajar matematika siswa kelas V SDN 20 SKPH manis raya,” J-PiMat, vol. 1, no. 2, pp. 57-68, 2019.
[2] Astalini, D. A. Kurniawan, R. Perdana, dan W. Kurniawan, “Identification attitudes of learners on physics subjects,” Journal of Educational Science and Technology, vol. 5, no. 1, pp. 39-48, 2019.
[3] L. Ho dan I. P. Devi, “Students’ understanding of interest in learning science,”Integrated Science Education Journal (ISEJ), vol. 1, no. 2, pp. 60-64, 2020.
[4] D. Aprilia, K. Suranata dan K. Dharsana, “Penerapan konseling kognitif dengan teknik pembuatan kontrak (contingency contracting) untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja,” e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 1-10, 2014.
[5] R. Novianti, “Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Palembang,” Jurnal
PAI Raden Fatah, vol. 1, no. 1, pp. 1-20, 2019.
[6] Riinawati, “Hubungan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar,” Edukatif : Jurnal
Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 2305–2312, 2021.
[7] T. O. Puspitasari, Hubungan Konsentrasi Belajar Terhadap Sikap Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika se-Kecamatan Kota Baru. Jambi: Universitas Jambi, 2020.
[8] R. Aviana dan F. F. Hidayah, “Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 2
Batang,” Jurnal Pendidikan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 30-33, 2015.
[9] T. O. Puspitasari, Y. E. Putri dan Yohanes, “Sikap terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas,” JIPFRI (Jurnal
Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), vol. 3, no. 2, pp. 79-85, 2019.
[10] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
[11] Tuslaela, “Kajian penerapan e-procurement dengan metode kualitatif deskriptif komparatif pada PT. pembangunan jaya ancol TBK,” Jurnal Prosisko,
vol. 4, no. 2, pp. 1-8, 2017.
[12] Y. Ernata, “Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab.Blitar,” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, vol. 5, no. 2, pp. 781-790, 2017.
[13] I. N. Rachmawati, “Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: Wawancara,” Jurnal Keperawatan Indonesia, vol. 11, no. 1, pp. 35-40, 2007.
[14] I. Nurdin, dan S. Hartati, Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
[15] A. A. Tanjung dan Muliyani, Metodologi Penelitian: Sederhana, Ringkas, Padat dan Mudah Dipahami. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.
[16] Helaluddin dan H. Wijaya, Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Jaffray: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.
[17] O. J. Dores, Y. Lisa, O. Vorina, “Analisis konsentrasi belajar matematika siswa kelas V SDN 20 SKPH manis raya,” J-PiMat, vol. 1, no. 2, pp. 57-68, 2019.
[18] L. P. A. W. Ningsih, K. Suranata dan K. Dharsana, “Penerapan konseling eksistensial humanistik dengan teknik meditasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X Titl 3 SMK Negeri 3 Singaraja,” Ejournal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 1-10, 2014.
[19] D. Melisa, “Identifikasi konsentrasi siswa di SMAN 10 Batang Hari,”Schrödinger: Journal of Physics Education (SJPE), vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2019.
[20] O. J. Dores, Y. Lisa, O. Vorina, “Analisis konsentrasi belajar matematika siswa kelas V SDN 20 SKPH manis raya,” J-PiMat, vol. 1, no. 2, pp. 57-68, 2019.
[21] M. R. Setyani dan Ismah, “Analisis tingkat konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika ditintaju dari hasil belajar,” Seminar Nasional
Pendidikan Matematika, vol.1, 73-84, 2018.
[22] H. Surya, Cara Cerdas (Smart) Mengatasi Kesulitan Belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015.
[23] A. Nuryana dan P. Setyo, “Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak,” Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, vol.12, no. 1, pp. 88-99, 2010.
[24] A. C. Setiani, N. Setyowani dan K. Kurniawan, “Meningkatkan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok,” Indonesian Journal of Guidance
and Counseling Theory and Application, vol. 3, no. 1, pp. 37-42, 2014.
[25] Astalini, D. A. Kurniawan, R. Perdana dan W. Kurniawan, “Identification attitudes of learners on physics subjects,” Journal of Educational Science and Technology, vol. 5, no. 1, pp. 39-48, 2019.
[26] L. Ho dan I. P. Devi, “Students’ understanding of interest in learning science,” Integrated Science Education Journal (ISEJ), vol. 1, no. 2, pp. 60-64, 2020.
[27] U. Hasanah, R. Ahmad dan Y. Karneli, “Efektivitas layanan penguasaan konten untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa,” International Counseling and Education Seminar, pp. 143-148, 2017.
[28] O. J. Dores, Y. Lisa, O. Vorina, “Analisis konsentrasi belajar matematika siswa kelas V SDN 20 SKPH manis raya,” J-PiMat, vol. 1, no. 2, pp. 57-68, 2019.
[29] O. P. Mulyana, U. A. Izzati dan D. Rahmasari, “Penerapan relaksasi atensi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa SMK,” Jurnal Psikologi:
Teori & Terapan, vol. 3, no. 2, pp. 103-112, 2013.
[30] P. Yulia dan Y. Navia, “Hubungan disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa,” Pythagoras, vol. 6, no. 2, pp. 100-105,2017.
[31] L. Deviyanti, “Upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 44 Pontianak,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, pp. 39-50, 2020.
[32] A. Halil, A. Yanis dan M. Noer, “Pengaruh kebisingan lalulintas terhadap konsentrasi belajar siswa SMP N 1 Padang,” Jurnal Kesehatan Andalas, vol. 4,no. 1, pp. 53-57, 2015.
[33] I. Malawi dan A. A. Tristiar, “Pengaruh konsentrasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan,” Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 3, no.2, pp. 118-131,2013.
[34] R. Isnawati, Cara Kreatif dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020.
[35] S. H. Khotimah, T. Sunaryati, S. Suhartini, “Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini,” Jurnal Obsesi:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 676-685, 2021.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check