Pengaruh Penerapan Metode Hitung Polamatika Terhadap Kemampuan Berhitung dan Minat Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SD Negeri 10 Mekar jaya Depok

Authors

  • Heriyati . Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Munasiah . Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

Keywords:

Kemampuan berhitung, minat, metode hitung polamatika

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kurangnya kemampuan berhitung menyebabkan rendahnya minat belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode hitung polamatika terhadap kemampuan berhitung dan minat siswa pada Pembelajaran matematika, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperiment Design dengan design penelitian The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 10 Mekarjaya Depok Tahun ajaran 2021/2022. Jumlah sampel sebanyak 30 orang dipilih dengan teknik Purposive ampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berhitung dan minat. Dari hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan kemampuan berhitung dan minat siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi perkalian.

References

[1] T. Turmudi, “Apa Mengapa dan Bagaimana Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas,” Senat. 2017, pp. 38–53, 2017, [Online]. Available:
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2292.
[2] F. Zarkasi and M. Lutfianto, “Pengaruh Permainan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika,” in conferences.uin Malang
SIMANIS, 2017, vol. 1, no. 1, [Online]. Available: http://conferences.uinmalang.ac.id/index.php/SIMANIS.
[3] H. Heriyati, “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 7, no. 1, Sep. 2017, doi:
10.30998/formatif.v7i1.1383.
[4] A. M Jafar, S Samad,M, “Pengaruh Pelaksanaan Metode Trachternberg terhadap Kemampuan Perkalian Murid SDN 8 Tampaan Kab ENREKANG,” upgriss, no.
2, pp. 99–117.
[5] I. Effendy, “Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung,” J. Ilm.
Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 81–88, 2016.

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles

Citation Check