Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Ditinjau dari Perspektif Guru

Authors

  • Lodiana Siahaan Universitas Jambi, Indonesia
  • maison . Universitas Jambi, Indonesia
  • Dwi Agus Kurniawan Uinversitas Jambi, Indonesia
  • Deswalman . Universitas Jambi, Indonesia

Keywords:

pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum mata pelajaran fisika. Hasil belajar yang belum maksimal dikarenakan rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap konsep materi fisika tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran siswa. Jenis metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai salah satu guru fisika di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Data yang telah diperoleh dari wawancara ditranskripsikan kemudian dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah karena kurangnya pengetahuan dasar serta pemahaman konsep dasar sehingga sulit untuk memahami konsep lain yang berkaitan dengan konsep dasar tersebut. Selain itu faktor yang dapat memengaruhi pemahaman konsep siswa adalah pengetahuan siswa yang masih kurang serta model pembelajaran yang diterapkan.

References

[1] F. Waroka , I. Ansori And A. Rahman, "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Capung Di Persawahan Kualo Bukit Aceh Kota
Bengkulu," Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, Pp. 4(2): 218-226, 2020.
[2] Nurkholis, "Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi," Jurnal Kependidikan, Pp. 1(1):24-44, 2013.
[3] I. W. C. Sujana, "Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia," Jurnal Pendidikan Dasar, Pp. 29-39, 2019.
[4] G. B. Samudra, I. W. Suastra And K. Suma, "Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa Sma Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika," E-Journal
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Pp. 4:1-7, 2014.
[5] Astalini, D. A. Kurniawan, R. Perdana And H. Pathoni, "Identifikasi Sikap Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Negeri
5 Kota Jambi," Unnes Physics Education Journal, Pp. 8(1):34-43, 2019.
[6] S. Purwanti And S. Manurung, "Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika," Jurnal Pendidikan Fisika, P. 4(1):2015, 2015.
[7] M. Hasyim And M. Taqwin, "Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 4
Takalar," Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, Vol. 2(2), Pp. 25-31, 2019.
[8] D. Hamdani, E. Kurniati And I. Sakti, "Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas
Viii Di Smp Negeri Kota Bengkulu," Jurnal Exacta, Vol. 10(1), Pp. 79-88, 2012.
[9] D. Novitasari, S. W. Widyaningsih And S. R. B. Sebayang, "Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X Ipa Di Sma Negeri 1 Manokwari Melalui Pembelajaran Online," Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, Vol. 3(1), Pp. 39-57, 2021.
[10] T. A. Rismawati And H. Pujiastuti, "Pengaruh Model Search Solve Create (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis," Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, Vol. 5(2), Pp. 183-190, 2020.
[11] H. Gourlay, "Learning About A Level Physics Students' Understanding Of Particle Physics Using Concept Mapping," IOP Science, Vol. 52, Pp. 1-9, 2017.
[12] D. Sasmita , C. Utami And N. C. Prihatiningtyas, "Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga
Puzzle Phytagoras," Jurnal Variabel, Vol. 2(2), Pp. 62-68, 2019.
[13] N. K. Aristawati, I. W. Sadia And Sudiatmika, "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Fisika Siswa Sma," Jppf, Vol. 8(1), 2018.
[14] A. Ardilla And S. Hartanto, "Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam," Jurnal Pythagoras, Vol. 6(2), Pp. 175-186, 2017.
[15] N. R. Lailly And A. W. Wisudawati, "Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Soal Un Kimia Sma Rayon B Tahun 2012/2013," Jurnal Kaunia,
Vol. 11(1), Pp. 27-39, 2015.
[16] E. F. F. Khomaeny, Islam Dan Ipteks (Al-Islam Dan Kemuhammadiyahanan Iii), Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check