Beban Kerja Mental Guru SD di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode NASA-TLX

Authors

  • Ida Giyanti Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Setia Budi, Indonesia
  • Ibnu Fachrizal Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Setia Budi, Indonesia

Keywords:

beban kerja mental, covid-19, guru, NASA-TLX, pandemi

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa insan pendidikan, khususnya pendidikan di tingkat dasar, untuk mengubah secara fundamental proses belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar yang selama ini selalu dilakukan secara tatap muka atau luring harus diubah secara daring dengan memanfaatkan media internet. Guru dan siswa dituntut untuk menerapkan pola baru pada sistem pembelajaran karena kegiatan pembelajaran tidak dilakukan di sekolah, melainkan dari rumah. Sistem pembelajaran dari rumah tersebut menuntut guru bekerja lebih ekstra dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja mental guru SD setelah diberlakukannya sistem pembelajaran secara daring karena adanya pandemi Covid-19. Obyek penelitian ialah guru di SDN Pondok 2 Nguter, kabupaten Sukoharjo. Metode pengukuran beban kerja mental yang digunakan dalam penelitian ini ialah NASA-TLX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik guru wali kelas maupun guru mata pelajaran memiliki beban kerja mental yang tinggi ketika melakukan sistem pembelajaran secara daring.

References

[1] D. Fahamsyah, “Analisis Hubungan Beban Kerja Mental Dengan Stres Kerja”, The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, vol. 6, no. 1, pp. 107-115, 2017.
[2] N. A. Febrina, dan D. Nurkertamanda, "ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL GURU SMA NEGERI 1 SEMARANG MENGGUNAKAN METODE SWAT (Subjective Workload Assessment Technique)", Industrial Engineering Online Journal, vol. 2, no. 3, 2013.
[3] O. Supriadi, “Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar”, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, vol. 6, no. 1, pp. 27–38, 2009.
[4] R. Latifah, “Problematika Guru dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Yogyakarta”, Polynom: Journal in Mathematics Education, vol. 1, no. 1, pp. 36-43, 2021.
[5] A. Umyati, A. S. Mariawati, & D. D. Hartanto, “Pengukuran Beban Kerja Mental pada Divisi Operasi PT. X dengan Metode NASA-TLX”, dalam Seminar Nasional
IENACO, Surakarta, 2016. pp. 87-94.
[6] S. F. Utami, R. Suarantalla, & K. Hermanto, “Analisis Beban Kerja Mental Guru Sekolah Dasar Menggunakan Metode NASA-TLX (Studi Kasus di SDN Batu
Tering)”, Jurnal Industri & Teknologi Samawa, vol. 1, no. 2, pp. 14-18, 2020.
[7] F. A. Premono, “Analisis Pengukuran Beban Kerja Mental terhadap Kinerja Guru SMP Negeri dengan Sistem Pembelajaran Online Sekolah Selama Pandemi Covid-19”, Skripsi, Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem, ITS, 2021
[8] S. G. Hart, & L. E. Staveland, “Development of NASA-TLX (Task Load Index): Results of empirical and theoretical research”, In Advances in psychology, vol. 52,
North-Holland: Elsevier, 1988, pp. 139-183.
[9] C. A. Renny, “MANAGEMENT STRESS KERJA GURU SD TERHADAP BEBAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19”, Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan
Konseling, vol. 3, no. 3, pp. 219-226, 2020.
[10]S. Milfayetty, & U. N. Putri, “MEMBERI PENGUATAN PADA GURU MENERAPKAN MINDFUL BREATHING DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID 19 DI SD INKLUSI JALAN SEI PETANI NO 19 MEDAN”, Jurnal Vokasi, vol. 4, no. 2, pp. 113-119, 2020.
[11]T. R. Noor, “Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 di SDN Sumput Sidoarjo”, al-fikrah: Jurnal Manajemen
Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 20-31, 2021.
[12]K. Arumsari, & E. Hasanah, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Akademik Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19” al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 32-41, 2021.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check