Pelatihan Toeic Secara Praktis Dan Efektif Untuk Meningkatkan English Level Proficiency Siswa Smk N 2 Magelang

Authors

  • Dian Muhammad Rifai Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sukma Shinta Yunianti Universitas Tidar magelang, Indonesia

Keywords:

Pelatihan, TOEIC, Bahasa Inggris, SMK

Abstract

SMK sebagai sekolah yang mempersiapkan anak didiknya siap dan terampil di dunia kerja, berlomba untuk membekali siswanya dengan pengalaman dan ilmu yang mendukung masa depan mereka. Dalam persiapan di dunia kerja di masa yang akan datang, baik di tingkat dalam negeri maupun luar negeri, siswa SMK dituntut memiliki berbagai kecakapan yang bermutu baik. Salah satu kecakapan yang mengacu pada tuntutan internasional yaitu kecakapan dalam berbahasa Inggris. Kecakapan ini meliputi berbagai hal, yaitu cakap menulis/witing, menyimak/listening, berbicara/speaking dan membaca/reading. Poin-poin tersebut dapat diukur dengan berbagai macam tes, salah satunya TOEIC (Test of English for International Communication). Program yang bertujuan untuk memberikan pelatihan TOEIC secara praktis dan efektif tersebut diharapkan mampu meningkatkan English level proficiency siswa SMK, khususnya di SMK N 2 Magelang. Program kemitraan masyarakat ini akan berdampak positif bagi mereka yang akan menyambut dunia kerja maupun pendidikan tinggi. Pelatihan ini akan menjembatani potensi siswa dalam berbahasa Inggris dan menyiapkan mereka untuk beradaptasi dan bersaing di taraf internasional.

References

[1] Harmer. (2007). The Practice of English Language Teaching, 4t ed..Cambridge: Pearson Education.
[2] Suminto. (2010). TOEFL, IELTS, atau TOEIC Instrumen yang Tepat untuk Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda. Jurnal Eksis Vol.6 No.2, Agustus 2010:1440-1605. ISSN: 0216- 6437. http://www.karyailmiah.polnes.ac.id.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check