Identifikasi Tingkat Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Materi Fisika di SMAN 7 Kerinci

Authors

  • Nilan Fia Monica Universitas Jambi, Indonesia
  • Maison . Univesitas Jambi, Indonesia
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi, Indonesia
  • Sari Safitri Universitas Jambi, Indonesia

Keywords:

kreativitas, model pembelajaran Project Based Learning

Abstract

Rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika dikarenakan model yang diterapkan masih berpusat pada guru. Berbagai model pembelajaran yangditerapkan disekolah agar tercapainya tujuan pembelajaran dengan kurikulum yang berlaku. Kurikulum yang berlaku lebih mendorong kemandirian siswa untuk mencari informasi, mengolah informasi dari berbagai sumber. Penerapan model project based learning tepat digunakan untuk melatih kemandirian siswa dalam belajar, contoh pada pembelajaran yang berbasis proyek, pendidik juga merangsang menyelesaikan masalah dengan idedan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa kelas X di SMAN 7 Kerinci menggunakan model pembelajaran Project based learning pada materi Fisika. sekolah yang menjadi tempat penelitian yaitu SMAN 7 Kerinci kelas yang menjadi sampel yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang berupa uraian yang diperoleh melalui wawancara langsung. Yang mana dari hasil wawancara guru dijelaskan bahawa kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan model PjBL didapat tingkat kreativitas siswa meningkat.

References

[1] Hanna D., Sutarto., Harijanto A. 2016. Model pembelajaran tema konsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika di sma. jurnal pembelajaran fisika. 5 (1).23.
[2] Mukhlasin A. 2019. Pendidikan Karakter Pemimpin Melalui Tembang Dolanan. jurnal warna. 3(1). 41.
[3] Pratiwi E T, dkk. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Dengan Model Pembelajaran Prolembased Learning Dan Model Pembelajaran Project-Based Learning. jurnal basiced., 4(2). 381.
[4] Sari R T, Angreni S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Voria pendidikan. 30(1). 80.
[5] Sujana I W C. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal pendidikan dasa. 4(1). 29.
[6] Vera M, dkk. 2019. Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas V Sdn Sidorejo Lor V Salatiga. MAJU. 6(1). 13.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check