Mengasah Kemampuan Berkompetisi Bahasa Inggris Siswa MAN 2 Madiun Melalui Kegiatan Pelatihan TOEFL-Like

Authors

  • Rosita Ambarwati Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Nuri Ati Ningsih Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Yuli Kuswardani Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Rizqi Husaini Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Puput Jianggimahastu Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Rida Fahas Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Keywords:

TOEFL-Like, Pelatihan, Kompetisi, English skills, Output

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan; (1) memperkuat pengetahuan dasar berbahasa Inggris pada siswa, (2) mengenalkan format test TOEFL-Like kepada siswa, dan (3) menyiapkan mental siswa untuk mengikuti test TOEFL. Kegiatan ini telah dilaksanakan secara daring di MAN 2 Madiun dan terjadwal secara rutin seminggu sekali selama satu tahun kegiatan. Peserta kegiatan berasal dari kelas 1, 2, dan 3 dari kelas Model maupun Reguler. Materi yang diberikan adalah materi yang berkaitan dengan English skills yaitu Reading, Listening dan Grammar. Materi diberikan secara berurutan setiap bulan dari minggu pertama sampai dengan minggu ketiga. Kegiatan pengukuran dilakukan pada minggu ke-4 dalam bentuk try-out TOEFL-Like yang wajib diikuti siswa. Luaran kegiatan belum menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Kesimpulan tersebut dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata siswa yang masih di bawah 300. Kondisi ini  disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya (1) motivasi belajar, berlatih dan berkompetisi siswa masih sangat rendah; (2) kemampuan siswa yang bervariasi serta dominan pada kemampuan level rendah; dan (3) intensitas kehadiran siswa dalam pelatihan yang belum maksimal. Hasil evaluasi ini akan dijadikan acuan oleh tim untuk menyusun format latihan TOEFL-Like lebih komprehensif dengan desain pelatihan yang lebih menarik lagi dan sesuai dengan karakter siswa di tingkat menengah. Selain itu hasil evaluasi tersebut juga dapat dipakai sebagai acuan bagi tim untuk mendesain model pemberian motivasi pada siswa sehingga bisa mengoptimalkan motivasi belajar, berlatih, dan berkompetisi untuk mendapatkan output yang diharapkan.

References

[1] Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
[2] Ang-zie, K. (2020). 14 Exams In Preparation & Practice Test Toefl: Toefl. Genta Group Production.
[3] Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
[4] Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes TOEFL (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum Umum.
[5] Hanna Djuhamham Bastaman, (2005). Integrasi Psikologi Dengan Islam. Yogyakarta. Yayasan Insan Kamil dan Pustaka Pelajar.
[6] Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. 12.
[7] Herwkitar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi ”TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3), 179. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67
[8] Kartini Kartono, (2000). Teori Kepribadian dan Mental Hygiene. Bandung: Bulan Bintang
[9] Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher
[10] Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. 8.
[11] Phillips, Deborah. (2001). Longman Complete Course for the TOEFL Test. New York: Addison-Wesley
[12] Putrawan, G. E., & Deviyanti, R. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris TOEFL-LIKE TEST Bagi Siswa SMAN 4 Bandar Lampung.7.
[13] Santosa, Rochmat Budi. 2011. Error Analysis on the Use of “Be” in the Students’ Composition. Register Journal Jilid 4, Terbitan 2. http://journalregister.iainsalatiga.ac.id/index.php/register/article/view/457
[14] Zakiah Darajat, (1994). Pendidikan Agama dan Pembinaan Mental. Jakarta:Bulan Bintang
[15] Suwatno, H. 2011. Manajemen SDM Dalam Organisasi dan Bisnis. Bandung:Alfabeta

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check