Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Korelasinya Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MIPA 4 SMAN 2 Muara Bungo

Authors

  • Ester Claudia Sitio Universitas Jambi, Indonesia
  • Maison . Universitas Jambi, Indonesia
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi, Indonesia
  • Wahyu Kalpatari SMAN 2 Muara Bungo, Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains, Inkuiri terbimbing

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika di SMA Negeri 2 Muara Bungo, bahwa model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran langsung (Direct instruction) guru dominan hanya menjelaskan materi, memberikan contoh soal, dan memberikan latihan dan tidak melakukan praktikum. Keterampilan proses sains yang didapatkan siswa hanya mengamati, berkomunikasi, dan menarik kesimpulan atau dengan kata lain keterampilan proses sains yang diterima siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dekskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Muara Bungo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA N 2 kelas XI MIPA Muara Bungo. Subjek penelitian yang digunakan kelas XI MIPA 4 dengan jumlah total responden sebanyak 31 siswa. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.Penelitian ini dilakukan mulai bulan Oktober 2021 sampai dengan bulan November 2021 Tahun Ajaran 2020/2021.

References

[1] Dewi, P. K., & Hayat, M. S. (2016). Analisis keterampilan proses sains (KPS) siswa kelas XI IPA se- Kota Tegal. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian 2016 (pp. 395–404). Semarang: Universitas PGRI Semarang. Retrieved from http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/lppm2016/lppm2016/paper/view/1288
[2] Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Ertikanto, C., 2016, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Media Akademi.
[3] Gustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis keterampilan proses sains (KPS) dasar mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah anatomi tumbuhan (Studi kasus mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP UMS tahun ajaran 2015/2016). In Prosiding Seminal Nasional Pendidikan Sains (SNPS) (pp. 71–78). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snp s/article/view/9816
[4] Kartimi, K., Gloria, R. Y., & Aryani, A. (2013). Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran biologi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem kelas VII di SMPN 1 TALUN. Scientiae Educatia : Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i1. 524
[5] Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science process skills in the Kenya certificate of secondary education biology practical examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101
[6] Rahmazani, R., Adlim, A., & Rini, S. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah (pp. 172– 180). Banda Aceh: Universitas Syaih Kuala. Retrieved from :
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/SNPUnsyiah/article/view/6944
[7] Sabahiyah, A.A.I.N., Marhaeni, I. W. dan Suastra. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa Kelas V Gugus 03 Wanasaba Lombok Timur. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3(1): 1-8.
[8] Semiawan, C., Tangyong, A., Belen, S., Matahelemual, Y. dan Suseloradjo, W., 1989, Pendekatan Keterampilan Proses, Jakarta: PT Gramedia
[9] Salosso, S. W., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada pokok bahasan larutan asam dan basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 1–6. Retrieved from http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bivalen/article/view/135
[10] Siska, B. M., Kurnia, K., & Sunarya, Y. (2013). Peningkatan keterampilan proses sains siswa sma melalui pembelajaran praktikum berbasis inkuiri pada materi laju reaksi. Jurnal Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1). Retrieved from http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jr ppk/article/view/216
[11] Yusefni, W., & Sriyati, S. (2016). Pembelajaran IPA terpadu menggunakan pendekatan science writing heuristic untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tulisan siswa SMP. Edusains, 8(1), 9-17. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1562

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check