Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Marketing Communication Untuk UMKM Batik Kampung Tematik Durenan Indah Semarang

Authors

  • Basworo Ardi Pramono Program Studi Teknik Informatika, Universitas Semarang, Indonesia
  • Atmoko Nugroho Program Studi Teknik Informatika, Universitas Semarang, Indonesia
  • Astrid Novita Putri Program Studi Teknik Informatika, Universitas Semarang, Indonesia

Keywords:

Marketing, Marketing Communication, UMKM Durenan Indah, Augmented Reality, Video

Abstract

Pandemi covid-19 membuat pelaku usaha UMKM mengalami penurunan omzet penjualan. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat pelaku UMKM harus berinovasi dalam memasarkan produknya. Marketing Komunikasi menggunakan media Augmented Reality merupakan suatu cara inovasi kreatif media promosi yang memadukan memadukan keadaan realitas dengan kondisi rekayasa atau maya. Agar kondisi maya yang diciptakan menjadi lebih nyata dan menampilkan secara keseluruhan mengenai keunggulan UMKM Batik Kampung Tematik Durenan Indah Semarang. Penggunan Augmented Reality dari suatu model teks dan video animasi yang dapat di tampilkan secara virtual menggunakan mobile phone baik android, blackberry maupun iphone sehingga masyarakat akan lebih mudah menarik minat pelanggan dan mengetahui dengan baik apa sajakah yang menjadi keunggulan UMKM Batik Kampung Tematik Durenan Indah Semarang. Kemudian untuk proses pembuatan video dan augmnetd reality menjadikan pengelola menjadi aktif dalam mempromosikan UMKM yang ditampilkan dalam augmented reality 3D dan Video sehinga dapat ditampilkan berulang ulang. Metode yang digunakan dalam “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Marketing Communication untuk UMKM Batik Kampung Tematik Durenan Indah Semarang" yakni menggunakan metode praktik langsung dengan laptop ataupun handphone Pengelola UMKM Batik Kampung Tematik. Sehingga diharapkan nantinya pengelola UMKM dapat dengan lancar mempromosikan UMKM dengan menggunakan augmented reality dan video sebagai marketing komunikasi ke pelanggan. Tujuan dari diselenggarakannya pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan mengenai teknologi augmented reality, video dan animasi sebagai media promosi UMKM Batik kampung Tematik Durenan Indah Semarang. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

References

[1] Abbas, E. W., Handy, M. R. N., Shaleh, R. M., & Hadi, N. T. F. W. (2020). Ecotourism of Martapura River Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies.The Innovation of Social Studies Journal,1(2), 111-119.
[2] Maulidiyah, M., Subiyakto , B., & Hasanah, M. (2020). Economic Activities in The Kebun Rambutan Rakyat Sungai Lulut as a Learning Resource on Social
Studies.The Kalimantan Social Studies Journal,1(2), 175-183
[3] Maulidiyah, M., Subiyakto , B., & Hasanah, M. (2020). Economic Activities in The Kebun Rambutan Rakyat Sungai Lulut as a Learning Resource on Social
Studies.The Kalimantan Social Studies Journal,1(2), 175-183
[4] Kartiko, N. D. (2020). Insentif pajak dalam merespons dampak pandemi covid-19 pada sektor pariwisata. JURNAL PKN (Jurnal Pajak dan Keuangan Negara),
2(1), 124-137
[5] Wakhidah, N., Putri, A. N., & Abdillah, M. Z. (2017). Aplikasi Augmented Reality Berbasis Agen Cerdas Sebagai Marketing Communication Pada Program Studi Teknik Informatika FTIK Universitas Semarang. Jurnal Informatika Upgris, 3(1).

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check