Optimalisasi Digital Marketing dan Manajemen Usaha pada KUB Sarwo Endah

Authors

  • A. Aviv Mahmudi STIE YPPI Rembang, Indonesia
  • Riskin Hidayat STIE YPPI Rembang, Indonesia

Keywords:

Batik Tulis Lasem, Digital Marketing, Manajemen Usaha, Pemasaran online, UMKM

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memainkan peran yang sangat vital di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Disamping itu UMKM juga berkontribusi terhadap pembentukan dan pertumbuhan produk domestik bruto. Namun pada kenyataannya, usaha kecil ini mengalami banyak hambatan, diantaranya kesulitan dalam pemasaran dan kurangnya kemampuan manajemen usaha. Mitra program pengabdian kepada masyarakat ini adalah KUB Sarwo Endah, Lasem, Rembang dengan unit usaha produksi batik tulis Lasem. Permasalahan KUB Sarwo Endah diantaranya kurangnya kemampuan pengelolaan manajemen usaha dan kesulitan dalam memasarkan produk terutama pada saat pandemik covid 19. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dan praktik digital marketing untuk menunjang pemasaran, dan peningkatan manajemen usaha kepada mitra/pelaku UMKM. Solusi yang ditawarkan untuk UMKM mitra sesuai prioritas adalah: (1) aspek pemasaran: melakukan pendampingan/pelatihan penerapan teknologi digital marketing (2) aspek manajemen: melakukan pelatihan manajemen usaha dana manajemen keuangan. Hasil dari program kegiatan kepadamasyarakat ini adalah (1) peningkatan penerapan iptek teknologi pemasaran online; (2) peningkatan kemampuan manajemen sumber daya manusia melalui pengembangan tata kelola manajemen usaha dan pengelolaan manajemen keuangan usaha.

References

[1] Afriany A.N., Suhartini Y, Ardiyanto F.,M, Basri A.I., , Ratna Ningrum N.N, 2029, Pelatihan dan Pembinaan Penerapan Ilmu Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Pemasaran dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Klaten Selatan, ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1
[2] Mahmudi, A.A., dan Tahwin, M., 2016, “Penentuan Produk Unggulan Daerah Menggunakan Kombinasi Metode AHP Dan Topsis (Studi Kasus Kabupaten
Rembang)”, Jurnal Informatika UPGRIS (JIU), Vol 2, No 2.
[3] Purwana D., Es, Rahmi, Aditya S, 2017, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren
Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) E-ISSN: 2580-4332 Vol.1 No. 1, DOI.Org/10.21009/Jpmm.001.1.01
[4] Rahmana A, 2009, Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi
2009 (SNATI 2009) ISSN: 1907-5022, Yogyakarta, 20 Juni 2009.
[5] Setiawan T.,F, Suharjo B, dan Syamsun M, 2018, Strategi Pemasaran Online Kecil Menengah, Vol. 13 No. 2, ISSN: 2085-8418; E-ISSN: 2622-9250, Hal. 116-126.
[6] Srinawati W, 2018, Pelatihan UMKM di STKIP Muhammadiyah Bogor,SEMBADHA, Volume 01, Edisi 01.
[7] Syadzali M.,M, 2020, Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi Pada UKM Pembuat Kopi Muria) , SYNTAX IDEA, Vol. 2, No. 5 Mei 2020 : P–ISSN: 2684-6853, E-ISSN : 2684-883x

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check