Pengaruh Country of Origin dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic pada Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara

Authors

  • Ayu Soraya Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Onan Marakali Siregar Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Country of Origin, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Saat ini banyaknya merek kosmetik yang beredar di Indonesia menuntut produsen berlomba-lomba untuk menarik masyarakat dengan menunjukkan label Negara asal (Country of Origin) dan menonjolkan citra merek tersebut. Perilaku konsumen dalam membeli produk kosmetik impor dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor, yaitu faktor negara asal produk (country of origin) dan citra merek (brand image) produk. Penelitianini akan membahas terkait pengaruh dari country of origin dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic pada mahasiswa di Universitas Sumatera Utara. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel country oforigin dan brand image terhadap keputusan pembelian. Hal ini di tunjukan oleh F hitungsebesar 47,364 > F tabel sebesar 3,09 dan nilai signifikansi (sig.) 0,00 < 0,05. Selain itu diperoleh juga koefisien determinasi sebesar 0,484% yang berarti variabel country of origin dan brand image memberikan sumbangan pengaruh sebesar 48,4% dalam menjelaskan variabel keputusan pembelian dan sisanya sebesar 51,6% dipengaruhi olehvariabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel country of origin (X1) dan brand image (X2) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian.

References

[1] Bahri Syamsul & Herlina. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Selular Merek Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Jurnal Visioner dan Strategis. Aceh: Universitas Malikussaleh.
[2] Cateora, Philip R. dan John L. Graham. 2007. Pemasaran Internasional Edisi 13 Buku
[3] Alih Bahasa: Shirly Tiolina Pasaribu. Jakarta: Salemba Empat.
[4] Damiati, Dkk. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
[5] Devita, Elvina Marsha & Dwi Hayu Agustini. 2019. Country od Origin and Brand Image on Purchase Decision of South Korean Cosmetic Etude House. Journal Of Management and Business Environment. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
[6] Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
[7] Fajriyah, Eva. 2019. Pengaruh Country of Origin, Pengetahuan Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Skincare Nature
Republic (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung Pengguna Instagram). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
[8] Firmansyah, M Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek Planning dan Strategy. Surabaya: Qiara Media.
[9] Ghaizani Amalia, Dkk. 2018. Pengaruh Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konsumen Skin Care Etude House di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Malang: Universitas Brawijaya.
[10] https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-NasionalTumbuh- 20 diakses pada 10 februari 2020.
[11] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/02/produkskincare- korea-selatan-jadi-pilihan-warga-asiadiakses 10 februari 2020.
[12] http://pelakubisnis.com/2020/02/indonesia-pasar-potensial-produkkosmetik/ diakses 14 Agustus 2020.
[13] https://marketeers.com/mengintip-skandal-brand-kosmetik-korea-naturerepublic/diakses 04 September 2020.
[14] https://wartajateng.id/mudahkan-pelanggan-jateng-natural-republicbuka- gerai-di-semarang/diakses 10 oktober 2020.
[15] https://www.qupas.id/daily/selain-aloe-vera-soothing-gel-inilahskincare- nature-republic-yang-paling-banyak-dicari diakses 04 September 2020.
[16] Jannah, Nita Nur. 2018. Pengaruh Country of Origin dan Brand Image serta Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Maskara Kosmetik Maybelline NewYork di Kota Jember. Jember: Universitas Jember.
[17] Kemenperin. 2016. Indonesia Lahan Subur Industri Kosmetik. http://kemenperin.go.id/artikel/5897/Indonesia-Lahan-SuburIndustriKosmetikdiakses pada 25 februari 2020.
[18] Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13Jilid 2.Jakarta: PT. Erlangga.
[19] Naturerepublic.Id. 2017. https://www.instagram.com/p/Bp9QEhVH51P/diakses pada15 februari 2020.
[20] Nature Republic global site. 2019. http://brand.naturerepublic.com/global/en/ brand/brandStory. diakses pada 11 februari 2020.
[21] Putra Andi Satria Utama, Dkk. 2016. Pengaruh Country Of Origin dan Price Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Xiaomi di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).Malang: Universitas Ma Chung.
[22] Putri, Mulia. 2018. Pengaruh Skippable Video Adsense “Oreo Penuh Keajaiban”Pada Situs Youtube Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Youtube di Kota Medan). Medan: Universitas Sumatera Utara.
[23] Sangadji, Etta Mamang dan Shopia. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.
[24] Septianda, Starsia. 2017. Pengaruh Country of Origin dan Perspesi Kualitas Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa/I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Sumatera Utara Pengguna Smartphone Xiaomi). Medan: Universitas SumateraUtara.
[25] Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.
[26] Silaen, Sarah Gita Roida. 2018. Pengaruh Country of Origin dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Restoran Jepang Sushi Tei Sun Plaza
Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
[27] Sudarsono, Heri. 2020. Manajemen PemasaranCetakan Pertama. Jember: CV. Pustaka Abadi.
[28] Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV Andi Offset
[29] Sunyoto, Danang. 2014. Praktik Riset Perilaku Konsumen (Teori, Kuesioner, Alat, dan Analisis Data). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
[30] . 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
[31] Suria Nurina Nadhifi, Andriana Kusumawati, dan Edriana Pangestuti. 2016. Pengaruh Country of Origin Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Bagi Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Uniqlo di Jakarta).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Malang: Universitas Brawijaya.
[32] Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2019. Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
[33] Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran, Esensi & Aplikasi Edisi 1. Yogyakarta: CV Andi Offset.
[34] Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
[35] Wibowo, Alvina Fajar dan Eko Suseno Hendro Riyadi. 2017. Pengaruh Gaya Hidup, Prestise dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang. Seminar Nasional Riset Manajemen& Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep dan Riset EBusiness di Indonesia. Salatiga:Universitas Kristen Satya Wacana.
[36] www.naturerepublicaloevera.com/. Diakses pada 18 februari 2020.
[37] www.pom.go.id/mobile/index.php/view/webreg/250836/01/Soothing---Moisture-Aloe-Vera-92--Soothing-Gel.html diakses pada 03 maret 2020.
[38] www.rangking10.com/2017/03/top-10-kosmetik-korea-terbaik-2016-2017.html diaksespada 08 februari 2020.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check