Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Store Atmosphere Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen Pada Cafe Taman Selfie Binjai

Authors

  • Zedina Angela Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Onan Marakali Siregar Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Promosi Media Sosial, Store Atmosphere, Tingkat Kunjungan Konsumen

Abstract

Media sosial adalah salah satu platform hasil dari perkembangan teknologi yang bisa menjangkau apa saja, dimana saja, dan kapan saja. Termasuk pada pelaku usaha cafe, di zaman modern seperti ini penggunaan media sosial dimanfaatkan guna menarik minat berkunjung konsumen apalagi didukung dengan suasana cafe yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi media sosial dan store atmosphere pada Cafe Taman Selfie Binjai dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Cafe Taman Selfie Binjai dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa promosi media sosial dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kunjungan konsumen. Nilai koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,678 dimana nilai koefisien korelasi menunjukkan hubungan antara promosi media sosial dan store atmosphere terhadap tingkat kunjungan konsumen adalah kuat. Sedangkan nilai adjusted R square adalah sebesar 0,449 yang berarti variabel promosi media sosial dan store atmosphere berkontribusi sebesar 44,9% terhadap tingkat kunjungan konsumen, sedangkan sisanya sebesar 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel promosi media sosial (X1) dan store atmosphere (X2) memiliki pengaruh baik itu secara parsial maupun secara simultan terhadap tingkat kunjungan konsumen (Y).

References

[1] Amir, Taufik. 2004. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenada Media.
[2] Aliyah, Khorik Atul. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening pada
Konsumen SFA Steak dan Resto Karanganyar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
[3] Badan Pusat Statistik tahun 2019, diakses pada 3 September 2020
[4] Badan Pusat Statistik tahun 2020, diakes pada 13 September 2020
[5] Basiya, R & Rozak, Abdul. 2012. Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan, dan Niat Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Jawa Tengah. Volume XI, No. 2, Program
Diploma Kepariwisataan: Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang.
[6] Diyatna, Aris Jatmika. 2017. Pengaruh Promosi Meelalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. E-Proceeding of
Management: Vol.4, No.1 April 2017. Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunika & Informatika: Universitas Telkom.
[7] Ferlitasari, Reni. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Fakultas Eshuluddin dan Studi Agama Universitas Negeri
Raden Intan Lampung.
[8] Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[9] Gunelius, S. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hil.
[10] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/survei-apjii-sumatrautara-pengguna-internet-tebesar-di-pulau-sumatra. Diakses pada 16 Agustus
2020
[11] https://www.huffingtonpost.com/asiatoday/asian-millenials_html, diakses pada 16 Agustus 2020
[12] Kennedy, Grant. 2015. Social media: Master Social Media Marketing Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram: ebooks.libgen.is
[13] Kotler, Kertajaya & Setiawan. 2019. Marketing 4.0 Bergerak dari tradisional ke Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[14] Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[15] Kurniawan, Arief & Rakhman. 2018. Dasar-Dasar Marketing, Segala Hal Tentang Marketing. Yogyakarta: Quadrant.
[16] Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran; Pendekatan Praktis. Sukabumi: Graha Ilmu.
[17] Levi, Michael, & Weitz. 2011. Retailling Management, Fourth Edition: Richard D.Irwin Inc.
[18] Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran.Jakarta: Mitra Wacana Media.
[19] Manihuruk, Merlin Meidina. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chirurgie Medan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Sumatera Utara.
[20] Maya Dora, Yenny dan Mariana, Adjeng. 2013. Pengaruh Tingkat Kunjungan Wisatawan Terhadap Peningkatan Jumlah Pengusaha Kuliner dan Inovasi Produk
Kuliner di Kota Bandung (Studi penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pengusaha Kuliner di Kota Bandung). Proceding Call for Papers dan
Seminar Nasional. Fakultas Ekonomi: Universitas Widyatama Bandung.
[21] Mc Quail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
[22] Nasrullah, Rully. 2016. Media Sosial Perspektif, Komunikasi, Budaya & Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
[23] Nasution, Arman Hakin. 2018. Inovasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[24] Nugraha, Nada Bangun. (2018). Pengaruh Promosi Online Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Studi Deskriptif Kuantitatif pada Ramayana Ballet Purawisata di Mandira Baruga Yogyakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
[25] Nurgiyantoro, Singgih. (2014). Pengaruh Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin yang Dimediasi Word of Mouth Marketing pada Produk Garskin Merk Say Hello di Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
[26] Owsinski, Bobby. 2013. Social Media Promotion for Small Business and The Manual For MarketingYour Products and Business Online.West Burbank: Bobby Owsinski Media Group.
[27] Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan melalui SocialMedia. Jakarta: Alex Media Komputindo.
[28] Purba, Teddy Salomo (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Peningkatan Jumlah Konsumen Studi Pada Pangkas Pria Ocean Binjai. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
[29] Reisinger, Yvette & Turner, Lindsay. 2003. Cross-Cultural Behavioral in Tourism Concepts and Analysis. United Kingdom: British Library Cataloguing in
Publication Data.
[30] Ruthelia, Eribka dan Sondakh, Stefi Harilama. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa. E-journal Acta Diurna”, Volume VI, No. 1, 2017. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Sam Ratulangi.
[31] Sangadji, Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
[32] Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.
[33] Solis, Brian. 2010. Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Succes in New Web. New Jersey: John Wiley & Sons nc.
[34] Sudana, I Made dan Setianto, Rahmat Heru. 2018. Metode Penelitian Bisnis dan Analisis Data dengan SPSS. Jakarta: Erlangga.
[35] Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Andi.
[36] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R.D. Bandung: Alfabeta.
[37] .2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
[38] .2017.Statistika untuk Penelitian Cetakan-19. Bandung: Alfabeta.
[39] Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Pt Refika Aditama.
[40] Sujarweni, V, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian-Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
[41] Tambusai, Suci Rizka Khariruna (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kongbox Cafe Medan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
[42] Triasih, Retno. (2018). Pengaruh Promosi Melalui SocialMedia Word of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Melakukan Pembiayaan pada Nasabah Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Chandra. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
[43] Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
[44] Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[45] Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. 2020. Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
[46] Tjiptono, Fandy.1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[47] Wenats, A. 2012. Integrated Marketing Communications: Komunikasi Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check