Peningkatan Pengelolaan dan Pemberdayaan Remaja Masjid Sulaiman Azzakariya Desa Sawahan Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang

Authors

  • Siti Alliyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang, Indonesia
  • Hetty Muniroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPPI Rembang, Indonesia

Keywords:

remaja masjid, pelatihan, manajemen, modul, program kerja

Abstract

Perkembangan dalam kehidupan bermasyarakat yang semakin maju dan berkualitas, perlu dilaksanakan pengelolaan masjid secara profesional dan akuntabilitas menuju sistem  manajemen yang modern. Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka pelatihan manajemen masjid di Desa Sawahan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengurus masjid dan remaja masjid secara bersama-sama agar dapat mengelola masjid dengan baik dalam rangka meningkatkan kemakmuran masjid. Metode kegiatan dalam pelatihan manajemen masjid ini yakni metode penyuluhan dan diskusi. Diawali dengan tanya jawab seputar problematika masjid dan remaja masjid, kemudian dilanjutkan dengan materi manajemen pengelolaan masjid dan remaja masjid. Peserta pelatihan dalam kegiatan ini adalah pengurus masjid dan remaja masjid di Desa Sawahan, Kecamatan Rembang. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Azzakariyah Sulaiman di Desa Sawahan Kec. Rembang. Berbagai permasalahan di Masjid Azzakariya Sulaiman tersebut membutuhkan alternatif solusi. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah dengan membuat modul manajemen masjid dan desain program kerja masjid. Modul ini berisi pembahasan singkat terkait manajemen organisasi, struktur organisasi dan desain program masjid yang telah disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan jamaah masjid.

References

[1] Dindukcapil Kab. Rembang, (2018). Data Penduduk Kabupaten Rembang
[2] Hentika, N.P., Suryadi, & Roziki, M. (n.d). (2013). Meningkatkan Fungsi Masjid Melalui Reformasi Administasi (Studi Pada Masjid Al Falah Surabaya).
Jurnal Administrasi Publik (JAP), 305-311
[3] Mukrodi. (2014). Analisis Manajemen Masjid Dalam Optimalisasi Peran Dan Fungsi Masjid. Kreatif, 2(1), 82-96
[4] Mannuhung Suparman, Tenrigau Andi Mattingaragau & Didiharyono D.(2018). Manajemen Pengelolaan Masjid dan Remaja Masjid di Kota Palopo.
Jurnal Pengabdian Masyarakat to Maega. Vol.1 No.1 Agustus

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check