Komunikasi Rukun Tetangga Dan Rukun Warga Kampung Pasir Jati Kabupaten Bandung dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Saat Pandemi Covid - 19 (Studi Kasus di RW 09 Kampung Pasir Jati Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung)

Authors

  • Witri Cahyati FISIP Universitas Sangga Buana YPKP Bandung, Indonesia
  • Pupi Indriati Z FISIP Universitas Sangga Buana YPKP Bandung, Indonesia
  • Dina Dianti FISIP Universitas Sangga Buana YPKP Bandung, Indonesia

Keywords:

KKomunikasi Pembangunan, Pelayanan Masyarakat, RT/RW

Abstract

Dimasa pandemi ini peran RT/RW tentu saja sangat penting untuk memberikan berbagai layanan informasi tentang covid-19 dan juga sebagai perpanjang tangan dari pemerintah pusat. Misalnya terkait bantuan sosial untuk penanganan Covid–19, distribusi kelengkapan protokol kesehatan, danberbagai informasi lainnya. Pelaksanaan komunikasi di Kampung Pasir Jati RW 09 dari RT 01 sampai RT 05 dalam kaitannya tentang pelayanan informasi terkait Covid–19 masih belum maksimal diantaranya pengurus RT/RW masih banyak yang tidak menerpakan protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker, berkerumun dan memberikan informasi bantuan sosial yang tidak transparan . Oleh karena itu segala permasalahan dimasyarakat yang paling penting dan paling utama adalah pengurus RT/RW karena yang paling dekat dengan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah, untuk menganalisis dan mengkaji Komunikasi Rukun Tetangga dan Rukun Warga Kampung Pasir Jati Kabupaten Bandung Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Saat Pandemi Covid–19. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan penelitiannya yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan tidak berperan serta, wawancara mendalam, studi literatur/dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya dengan reduksi data, model data,dan penarikan kesimpulan, untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini dapat dijadikan model komunikasi yang dapat di aplikasikan oleh RT khususnya di kabupaten Bandung, umumnya di Negara Republik Indonesia. Dengan adanya model komunikasi yang ditemukan diharapkan menjadi solusi dari segala permasalahan yang terjadi di masyarakat terkait pandemi Covid–19 sehingga baik pengurus maupun warga sama – sama dapat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan dan dapat menekan jumlah korban yang terpapar Covid–19.

References

[1] B. Komalasari, S. Sumai, A. T. Naumi “Persepsi Siswa Madrasah Aliyah Rejang Lebong Terhadap Program Studi Komunikasi dan Peyiaran Islam Jurusan Dakwah Stain Curup,”Jurnal Dakwah dan Komunikasi STAIN Curup-Bengkulu Vol. 2 No. 2, Agustus 2017.
[2] D. Mulyana, “Ilmu Komunikasi Suat Pengantar” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
[3] Daryanto, “Ilmu Komunikasi,” Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 201
[4] H. Cangara, “Pengantar Ilmu Komunikas,”. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1998.
[5] H. Mayatopani, W. T. Atmojo, E. Dzaki “Peran Ketua Rt Dalam Edukasi Warga Melalui Transformasi Digital Pandemi Covid-19 Menggunakan Chatbot,” Kocenin Serial Konferensi Vol.1 No. 1, 2020.
[6] J. A. DeVito, “Komunikasi Antar Manusia Kuliah Dasar,” Edisi Kelima, Jakarta:Professional Books. 1997.
[7] J. Rakhmat, “Psikologi Komunikasi,” Edisi Revisi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2019.
[8] Koetjaningrat, “Manusia dan kebudayaan di Indonesia,” Jakarta: Djambatan. 2007

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check