Implementasi Video Pofil sebagai Media Promosi di SMA Kristen 1 Surakarta

Authors

  • Bayu Dwi Raharja STMIK Sinar Nusantara, Indonesia
  • Yustina Retno Wahyu Utami STMIK Sinar Nusantara, Indonesia

Keywords:

video profil, media promosi, evaluasi pengguna

Abstract

SMA Kristen 1 Surakarta merupakan sekolah swasta nasional yang berada Jl.Honggowongso No. 135 Surakarta, Jawa Tengah. Artikel ini mengulas tentang perancangan video profil SMA Kristen 1 Surakarta sebagai media promosi dan informasi. Sejauh ini media penyampaian informasi dan promosi melalui media cetak, dan web sekolah. Media cetak berupa brosur, dan spanduk. Hal ini membuat SMA Kristen 1 Surakarta memiliki keterbatasan dalam penyampaian informasi dan promosi. Untuk itu akan dibuat sebuah video company profile untuk mendukung promosi dan sebagai media informasibagi SMA Kristen 1 Surakarta. Pengumpulan data untuk perancangan video profil dilakukan dengan wawancara dan observasi. Video yang dibuat kemudian dievaluasi oleh pengguna untuk mengukur kepuasan pengguna menggunakan skala linkert 1-5. Aspek yang diukur yaitu kualitas gambar, alur cerita, penyajian informasi, narasi, dan audio pada video. Hasil penilaian responden terhadap video profil mencapai 90%. 

References

[1] N. Rimayanti, A. Yulianti, B. Nasution, and E. E. Lubis, “Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi
Berbasis Multimedia,” It J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 84–95, 2019, doi:10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499.
[2] Wicaksono, Soetam Rizky, Nugroho, Didit Prasetyo, “Implementasi Profil Multimedia SMK Nurul Haromain Pujon”. Jurnal Pengabdian Barelang 2021.
[3] Aan, Agus Kertiasih, Ni Ketut BUDHAYASA, I PUTU, “Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen
Informatika”, JST (Jurnal Sains dan Teknologi),2017.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check