Refreshing Penerapan Prinsip Perkembangan Di era Pandemic Pada Guru TKIT ARIIDHO

Authors

  • Otih Jembarwati

Keywords:

Prinsip perkembangan, Pembelajaran Online

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di semua tingkat satuan pendidikan yaitu di TK, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi pada masa pandemi covid-19 di Indonesia telah menimbulkan banyak permasalahan baru terkait dengan proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara daring atau jarak jauh.
Berdasarkan kajian penelitian sebelumnya diperoleh beberapa hasil penelitian bahwa pada pembelajaran dengan plaform wa perlu kerjasama yang tinggi dengan orangtua; pada subjek penelitian usia 5-6 tahun (meyda setyana hutami, Aninditya Sri Nugraheni,2020). selain itu, pembelajaran daring berpengaruh terhadap pencapaian perkembangan anak pada beberapa aspek selama pembelajaran daring yang mengalami penurunan (hesti, dkk, 2020).
Berdasarkan hal tersebut dilakukan Pengabdian Pada TK alam X( sekolah alam di semarang) mengenai Refreshing Pembelajaran dengan mempertimbangkan Prinsip perkembangan bagi Peserta didik TK. Pada Pengabdian tersebut dilakukan pengukuran sebelum dan sesudah pengabdian serta laporan guru melaporkan proses yang terjdi di lapangan (Kondisi Real) pada pembelajaran di masa Covid dan Awal Off Line. (Januari 2021 sampai September 2021, dan Oktobe 2021 sampai November 2021.
Hasil Pengabdian terdapat perbedaan Pemahaman Guru sesudah dan sebelum Pengabdian dan diperoleh hasil penerapan Pembelajaran Online Pada Guru dan Peserta didik.Dihasilkan pula ide lanjutan untuk melakukan pengabdian dengan membuat media pembelajaran alternatif berupa media adaptasi kahoot dan quiziz serta video.

References

[1] Jones,E, & Ooper,M.2006. Playing TO GET Smart Elizabeth Jones Renatta M.ooper .Teachers: College Columbia University New York and London
[2] Bach, Shirley. Haynes, Philip, Lewis, Smith, J .2007.Online Learning and Teaching in Higher Education : Open University Press. McGraw-Hill Education .
[3] Peter E. Langford.–1st ed. 2005.Vygotsky’s developmental and educational psychology / Peter E. Langford.–1st ed.Psychology Press is part of the Taylor &
Francis Group
[4] Pritchard,Alan. 2009. Ways of Learning Learning theories and learning styles in the classroom : Routledge .USA and Canada
[5] al-Ghazali, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad, 1992, Ihya’ Ulumiddin, Darul Jail: Bairut

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check