Pengembangan Produk Makanan Tradisional “Jenang Rasikan” Sebagai Produk Unggulan Daerah

Authors

  • Erna Indriastiningsih Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Yunita Primasanti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Ahmad Khoirul Anwar Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Kemasan Produk, Usaha Kecil Menengah, Produk Unggulan

Abstract

Jenang Krasikan merupakan salah satu produk khas kabupaten Sukoharjo yang potensial untuk dikembangkan dalam rangka mendukung sektor pariwisata. Sentra industri krasikan berada di desa Tangkisan kecamatan Tawangsari. Salah satu usaha kecil menengah (UKM) di desa Tangkisan yang telah lama menggeluti usaha jenang krasikan ialah UKM “TIGA RASA BARUâ€. Permasalahan utama yang dihadapi ialah terkait pemasaran dimana area pemasaran produk jenang krasikan hasil produksi UKM “TIGA RASA BARU†masih bersifat lokal. Salah satu sebab kurang luasnya jangkauan pasar produk jenang krasikan produksi UKM “TIGA RASA BARU†ialah terkait kemasan produk yang kurang menarik para konsumen. Kemasan jenang krasikan dalam pemasarannya hanya berbentuk kotak dengan ukuran besar dan kecil. Dalam kemasan pemasarannya yang kecil hanya di bungkus plastik mika sehingga kurang menarik kemasan produknya terutama buat anak-anak juga kurang menarik. Dengan demikian perlu didesain kemasan produk biar menarik sehingga permintaan juga meningkat.


Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, maka solusi dan tujuan dari program pengabdian masyarakat diatas ialah dengan melakukan pendampingan kepada UKM “TIGA RASA BARU†untuk membuat kemasan produk yang menarik sehingga bisa mendongkrak penjualan. Target luaran dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ialah UKM “TIGA RASA BARU†memiliki desain kemasan produk yang baru sebagai penganti kemasan yang lama yang kelihatan kurang menarik. Untuk mencapai target luaran, tahapan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dimulai dengan membuat desain kemasan produk yang menarik perhatian konsumen, memilih bahan apa yang dipakai buat kemasan produknya yang harganya murah dan aman untuk mengemas makanan sehingga tidak mempengarui harga makanannya.

References

[1] BPS-Kabupaten Sukoharjo, “Kabupaten Sukoharjo dalam Angka,” Sukoharjo,2019.
[2] and S. M. I. Fathoni, K. Adi, “Analisis Usaha Industri Jenang Krasikan di Kabupaten Sukoharjo,” Agrista, vol. 4, no. 3, pp. 392–404, 2016.
[3] P. and G. A. Kotler, Prinsip-prinsip Pemasaran, 13th ed. Erlangga Jakarta, 2012.
[4] C. S. Cenadi, “Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran.,” Nirwana, vol. 2, no. 1, 2000.
[5] Mulyadi Nitisusastro, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Penerbit Alfabeta, 2015.
[6] & S. A. K. Marianne Rosner Klimchuk, Desain Kemasan. Jakarta, 2007

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check