GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SEHATI SURAKARTA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Edeltrudis Feneranda Program Studi Farmasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Risma Sakti Pambudi Program Studi Farmasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Rita Septiana Program Studi Farmasi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Kepuasan, Pelayanan Farmasi, Apotek, Pandemi Covid-19

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Saat pandemi Covid-19 terdapat keterbatasan dalam pelayanan kefarmasian seperti pelayanan informasi kepada pasien yang harus dilakukan secara tatap muka. Hal ini dapat mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti nyata di Apotek Sehati Surakarta selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif non eksperimental. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap dimensi kehandalan yaitu 80%, dimensi ketanggapan 84%, dimensi jaminan 83%, dimensi empati 84% dan dimensi bukti nyata 82%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sehati Surakarta selama masa pandemi Covid-19 menunjukkan rata-rata persentase sebesar 83% dengan kriteria sangat puas.

References

[1] Kemekes RI, 2020, Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Jakarta.
[2] Natalia Y, 2021, Gambaran Pelayanan Konseling Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Apotek wilayah Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
[3] Kemekes RI, 2017, Apotek, Jakarta.
[4] Kemekes RI, 2019, Petunjuk Tteknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta.
[5] Kemekes RI, 2016, Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek, Jakarta.
[6] Suratri, M, A, L., Suryati, T., dan Edwin, V, A, 2018, Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat jalan Rumah Sakit di 7 Provinsi di Indonesi. Jurnal Penelitian Kesehatan, Vol. 46, No. 4.
[7] Wibowo, A, T, 2018, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat di Apotek Ary Farma Karanganyar Tahun 2017. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
[8] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
[9] Novaryatiin, S, Ardhany, S. D, dan Aliyah, S, 2018, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit, ISSN:2621-4814, Vol. 1, Issue. 1, Page. 22-26, Borneo Journal off Pharmacy.
[10] Noviyanti, 2020, Faktor Pelayanan Yang Profesional Terhadap Kepuasan Pasien, Qiara Media No.237, Jawa Timur
[11] Sibarani H, 2019, Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada Pasien Rawat Jalan Di Apotek Puskesmas Teladan Kota Medan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan, Medan.
[12] Muzer A, 2020, Pengaruh Kualitas pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap Di Rumah sakit Paru dr. Ario Wirawan, Salatiga
[13] Rizqi A. W. M, 2020, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Puskesmas Sisir Kota Baru, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
[14] Faridawaty L., Ginting M., Purnomo D. S, 2019, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT Puskesmas Sentosa Baru Kecamatan Medan Perjuangan, Jurnal Dunia Farmasi, Vol. 3, No. 2, Medan
[15] Permana G. A. S., Krisnawati K. M., Swedarma K.E, 2020, Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Menerima Pelayanan BPJS Kesehatan Di Puskesmas Blahbatuh I Gianyar, Vol.8 No. 3
[16] Umar A., 2020, Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek X Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara Tahun 2020, Jurnal Kesehatan Luwu Ray, Vol. 07 No. 01, Palopo Indonesia.
[17] Ruswanti N, 2020, Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Bhakti Farma Wonogiri, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional, Surakarta
[18] Melizsa M., Jaya F. P., Kautsar A, 2021, Gambaran Tingkat Kepuasan Pelanggan Di Apotek Roxy Sawangan Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal PHRASE (Pharmaceutical Science), Vol. 1, No. 1, Tangerang

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check