Penggunaan Aplikasi Google Form untuk Kepentingan Kelembagaan Taman Kanak – Kanak

Authors

  • Yunita Fauzia Achmad Universitas Esa Unggul, Indonesia

Keywords:

Google Form, Pembelajaran Jarak Jauh, Pendaftaran Peserta Didik Baru

Abstract

Setelah WHO mengumumkan bahwa Covid 19 sebagai wabah pandemic global di seluruh dunia pada tahun 2020, presiden mengeluarkan perintah untuk melaksanakan kegiatan di rumah dan berdampak pada semua bidang terutama di bidang pendidikan. Dampak yang terasa adalah pelarangan adanya pembelajaran tatap muka dan proses administrasi lain yang membutuhkan tatap muka seperti penerimaan peserta didik baru. Dengan larangan tatap muka, maka diberikan solusi untuk memanfaatkan teknologi informasi, salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam mempelancar proses administrasi dan proses pembelajaran menggunakan aplikasi Google form. Google form merupakan salah satu fitur pada aplikasi Google yang berguna untuk membuat formular baik untuk pengumpulan informasi maupun kuis secara online.Dengan demikian guru – guru dan staf dapat memanfaatkan Google form secara maksimal, maka dilakukan pendampingan dan pelatihan dalam menggunakan Google form untuk proses pembelajaran dan administrasi secara virtual lewat aplikasi Zoom meeting, mengenai tata cara pembuatan Google form untuk pembuatan form pendaftaran peserta didik baru (PPDB), dan pembuatan form pengumpulan tugas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru – guru dan staf dalam penggunaan Google Form

References

[1] Y. Charolina and H. Honny, “Pemamfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 1, pp. 17–24, 2021.
[2] H. H. Batubara, “Penggunaan Google Form sebagai alat penilaian kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI,” J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 8, no. 1, pp. 40–50, 2016.
[3] I. P. Sesana, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di SMKN 1 Tembuku,” Widyadewata, vol. 3,p. 4, 2020.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check