DIALOG LITERASI MEDIA GUNA MEWUJUDKAN MASYARAKAT BUDDHIS YANG TAAT BERAGAMA DAN SOPAN DALAM BERKOMUNIKASI

Authors

  • Situ Asih Program Studi Ilmu Komunikasi Buddha, STAB N Raden WijayaWonogiri, Indonesia

Keywords:

Literasi, Media, Masyarakat Buddhis

Abstract

Sasaran program pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat Buddhis di Desa Prigi, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi Desa Prigi yang jauh dari kota dan masyarakat bermata pencaharian sebagai petani sangat membutuhkan adanya kegiatan pengabdian. Kemajuan teknologi yang sangat pesat, terutama dalam hal penggunaan media komunikasi jika tidak diiringi dengan bekal pengetahuan tentang dampak positif dan negatif media maka mengakibatkan adanya mis komunikasi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan sehingga membentuk masyarakat Buddhis yang sopan dalam berkomunikasi dan juga taat beragama. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Buddhis di Desa Prigi adalah: 1) kurangnya pengetahuan mengenai etika berkomunikasi menggunakan media sosial, 2) membutuhkan literasi beragama, sehingga terbentuk masyarakat Buddhis yang taat beragama. Adapun metode yang dilakukan adalah melakukan Pujhabakti secara umum di Vihara, memberikan sosialisasi tentang literasi media komunikasi serta mempraktikkan secara langsung pemanfaatan media komunikasi. Hasil dari pengadian ini adalah bantuan khusus berupa Laptop, LCD proyektor dan Screen yang dapat dimanfaatkan oleh  Masyarakat Buddhis di Vihara sehingga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan umat Buddha.

References

[1] A Fikri Amiruddin Ihsani dan Novi Febriyanti. 2021. “Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual Dalam Perilaku Bermeda Masyarakat Di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial. Vol 02 Nomor 01 Februari 2021.
[2] Audah Mannan. 2019. “Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi KepadaDosen Melalui Smartphone. Jurnal Aqidah-Ta. Vol V no 1 tahun 2019.
[3] Ayif Fathurrahman, Yuli Utami. “Increasing Literature And Sharia Financial Management Througt The One BMT Housing Are Program In Banguntapan
District Bantul In Yogyakarta”. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4 No 2.
[4] Ditha Prasanti, Sri Seti Indriani. 2017. “Etika Komunikasi Dalam Media Sosial Bagi Ibu-Ibu PKK Di Desa Mekarmukti Kab Bandung”. Jurnal Profetik Jurnal Komunikasi Vol 10 No 01 April 2017.
[5] Falimu. 2017. “Etika Komunikasi Pegawai Terhadap Pelayanan Penerbitan Pajak Bumi Dan Bangunan”. Jurnal Komunikator. Vol 9 no 1 Mei 2017.
[6] https://tekno.kompas.com/

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check