Efektivitas Titik Shelter Terhadap Peningkatan Load Factor (LF) BRT Trans Jateng Rute Solo – Sumberlawang

Authors

  • Primasanti Yunita Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Indriastiningsih Erna Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Load Factor, BRT Trans Jateng, efektivitas

Abstract

BRT Trans Jateng rute Solo - Sumberlawang mulai dioperasikan pada 1 September 2020 diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan dan menjadi salah satu alternatif moda transportasi yang dipilih masyarakat Solo dalam mobilisasinya dari pusat kota ke daerah pinggiran. Agar BRT Trans Jateng ini dapat beroperasi secara maksimal maka diperlukan titik shelter bus yang efektif untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Titik shelter yang strategis dan tepat diharapkan akan mampu menaikkan nilai Load Factor (LF) dari trayek bus Trans Jateng tersebut. Dinas Perhubungan Jawa Tengah masih mengkaji apakah dengan penambahan titik shelter lagi akan dapat efektif menaikkan jumlah Load Factor (LF). Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah metode pendekatan sistem dengan menghitung nilai LF dan pendapatan untuk mengetahui efektivitas dari penambahan titik shelter. Hasil penelitian menunjukkan penambahan titik shelter halte mampu menaikkan jumlah penumpang sebesar 3114 orang dengan tingkat efektifitas sebesar 16 % dan peningkatan nilai Load Factor (LF).

References

[1] Adyan Apriza Dkk , 2012, evaluasi kinerja layanan BRT Trans Jateng di Kota semarang ( studi kasus koridor 1 trayek Mangkang-Penggaron).
[2] Feronika Yappo ,2018, perencanaan Trans kota Jayapura Propinsi Papua
[3] Kusumadewi, S., 2010, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Edisi 2,Graha Ilmu, Yogyakarta.
[4] Lekitoo, OBR, 2017, analisa review pengembangan rute Trans Jogja.
[5] Maruvada, D.P., Bellamkonda, R.S., 2010, Analyzing The Passanger Service Quality of The Indian Reilways Using Railqual : Examining The Applicability of Fuzzy Logic. International Journal of Innovation, Management and Technology, ISSN: 2010-0248,Vol.1, No. 5
[6] Neolaka, N. R. S. A., 2013, Analisa Kepuasan Terhadap Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Dan Upaya Perbaikan Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan(FKIP) Universitas Nusa Cendana Kupang Menggunakan Metode Fuzzy Servqual Dan Quality Function Deployment, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana, Kupang.
[7] Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., Berry, L.L., 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing,Vol. 64, No. 1.

Downloads

Published

2021-11-26

Citation Check