PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KELOMPOK UMKM KELURAHAN SIDOWAYAH, REMBANG

Authors

  • Wulan Suryandani STIE YPPI REMBANG, Indonesia
  • Nurma Gupita Dewi STIE YPPI REMBANG, Indonesia

Keywords:

Digital Marketing, Social Media, E-Commerce, UMKM

Abstract

Kelurahan Sidowayah memiliki kelompok UMKM yang terdiri dari beberapa UMKM yang memiliki usaha yang berbeda. Usaha dari beberapa UMKM terebut antara lain UMKM Batik, tas rajut, keripik tempe, jajanan pasar, tempe dan lain sebagainya. Produk yang ditawarkan oleh UMKM di kelurahan Sidowayah beragam dan sangat berpotensi untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Namun dengan kondisi ekonomi saat ini yang terkendala oleh pandemi Covid-19 dan juga pembatasan kegiatan oleh pemerintah (PPKM) menyebabkan para UMKM ini mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Permasalahan internal yang menjadi masalah dalam pengembangan usaha dari UMKM di kelompok tersebut salah satunya adalah karena terbatasnya kemampuan SDM dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan usahanya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan kepada Mitra terkait dengan pemasaran menggunakan digital marketing. Solusi yang ditawarkan untuk Mitra sesuai dengan prirotas adalah: (1) mampu menggunakan social media sebagai sarana untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk, (2) memiliki kemampuan foto produk untuk menunjang digital marketing. Dari kegiatan pengabdian menghasilkan kemampuan Mitra dalam pengelolaan social media Instagram dan juga mampu menghasilkan foto produk yang menarik untuk keperluan marketing di social media.

References

[1] U. Napitu, C. Corry, and K. D. Matondang, “Sosialisasi Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (Ppkm) Mikro Di Kelurahan Bah Kapul,”Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 232–241, 2020, doi:10.31004/cdj.v2i2.1698.
[2] N. Z. Riani, “Identifikasi Permasalahan dan Kerangka Pengembangan Kluster UMKM Sandang di Bukittinggi Sumatera Barat,” Tingkap, vol. 7, no. 1, pp. 51–
64, 2011, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/article/view/11/11.
[3] D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” J. Pemberdaya. Masy. Madani, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2017, doi: 10.21009/jpmm.001.1.01.
[4] K. A. Akhmad, “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta),” DutaCom
J., vol. 9, no. 1, pp. 43–54, 2015, [Online]. Available: http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17.
[5] R. J. NAIMAH, M. W. WARDHANA, R. HARYANTO, and A. PEBRIANTO, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.

Downloads

Published

2021-12-27

Citation Check