Customer Relationship Management System Kondisi Pandemi Covid 19

Authors

  • Kartini Kartini Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universita Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Yunita Fauzia Achmad Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universita Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Yulhendri Yulhendri Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universita Esa Unggul, Jakarta, Indonesia

Keywords:

Customer Relationship Managemet, System, Pandemi Covid 19

Abstract

Era Teknologi Informasi memberi dampak pada kegiatan bisnis mampu menyesuaikan. Situasi pandemic kegiatan dilakukan secara online dengan memenuhi aturan yang telah ditetapkan guna menjaga kesehatan. Keadaan bisnis mengalami penurunan atau kebangkrutan atau menimbulkan berbagai dampak negatif pada berbagai bidang. CV. XYZ berupaya menyesuaikan terhadap situasi tersebut dengan memanfaatkan Customer Relationship Management System yaitu strategi bisnis yang menghubngkan proses, manusia dan teknologi Customer Relationship Management System berbasis Online berupa Website Customer Relationship Management System yang berarti proses dengan customer dapat dilakukan secaraOnline dan Real Time di Web CV. XYZ memiliki bisnis dibidang Printing dan Design Grafis. Metode yang digunakan merancang Customer Relationship Management System Online dengan memanfaatkan Unified Modelling Language, selain itu menggunakan kaidah paradigma Prototype. Hasil berupa Customer Relationship Management System berbasis Web yang mampu mengkonversi pengunjung baru menjadi Customer dan mempertahankan Customer sehingga eksistensi bisnis tetap berjalan dengan baik.

References

[1] O. Dyantina, M. Afrina, and A. Ibrahim, 2017, Penerapan Customer Relationship
Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di
Toko YEN-YEN) vol. 4, no. 2, pp. 516–529, Jurnal Sistem Informasi (JSI), Univ.
Sriwijaya, Oktober 2.
[2] E. Yulianto, 2017, Pengaruh CRM Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (
Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang ), vol. 46, no. 1,
2017.
[3] A. Dwikanthi, H. Irawan, P. 2019, Penerapan E-CRM) Guna meningkatkan
Loyalitas Pasien RSIA XYZ, Vol 7, No 2, Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan.
Mei 3, pp. 88–105, 1973 Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan. Mei 3.
[4] Mugi Kasih Lestari, Bachtiar Efendi, Endra Saputra, 2021. Penerapan E-CRM
dalam meningkatkan Pelayanan Customer pada rumahsakit Jamur Silau Laut, vol. 1
no. 1 pp. 45–50, STMIK Royal, JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi),
Medan - Sumatra Utara. Feb 12021.
[5] Wahyu Nugraha1, Muhamad Syarif, 2018, Penerapan metode prototype dalam
perancangan system informasi menghitung volume dan cost penjualan minumana
berbasis website, JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 03 No.02, Universitas BSI, Pontianak, Desember 2018
[6] Barnes, J.G . (2003) Secret of Customer Relationship Management : Rahasia Hubungan Pelanggan (Terjemahan). Yogyakarta: Andi.
[7] Frederick Newell, 2009, Loyalty.Com : Customer Relationship Management in the New Era of Internet Marketing.
[8] Widjaja, Amin, 2008, Dasar-dasar Customer Relationship Management (CRM), Harvarindo, Jakarta.
[9] Ahmadi, Candra dan Hermawan, Dadang, (2013) E-Business & E-Commerce, Andi Offset, Yogyakarta.
[10] E. F. Fitriana et al., Penerapan Electronic Customer Relationship Management (eCRM ) Dalam Meningkatkan Loyalitas, pp. 479–484.
[11] Hendarti, Henny. (2010) Analisis dan Perancangan E-CRM Pada Perusahaan Advertising, Jakarta .
[12] Darudiato, S. (2006) Analisis dan Perancangan Sistem Aplikasi Customer Relationship Management Berbasiskan Web (Studi Kasus: PT. Fajar Buana
International). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi
[13] Buttle, Francis (2003) Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Concept and tools, Elsevier ltd. dialih bahasakan oleh Arief Subiyanto, Bayumedia Publishing
[14] Munawar, (2018), Analisis Perancangan Sistem Berorentaasi Objek dengan UML, Penerbit [IF] Informatika Bandung

Downloads

Published

2021-12-27

Citation Check