PENERAPAN DESAIN RUANG KEBERANGKATAN DOMESTIK (PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG)

  • Jaza Chehata Hadi

Abstract

Pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan ekonomi
yang digunakan sebagai tempat bersandar, berlabuh, naik turun penumpang dan bongkar muat barang. Pelabuhan penumpang adalah prasarana transportasi laut untuk keperluan menaikan dan menurunkan penumpang serta pengaturan kedatangan dan pemberangkatan. PT. Pelabuhan Indonesia III Saat ini terus menerus mengalami perbaikan dari segi kuantitas maupun kualitas, dalam hal ini desain interior dapat berpengaruh sebagai daya tarik pendukung transportasi laut di Indonesia. Salah satunya dengan melalui redesain terminal penumpang Tanjung Emas dengan mengangkat citra kota Semarang melalui bangunan-bangunan Kolonial indis nya yang merupakan identitas dari kota Semarang dengan fasilitas pendukung kebutuhan penumpang di dalamnya. Karya desain ini menggunakan metode perancangan proses desain inovasi Vijay Kumar dengan tujuh mode aktivitas yakni memahami tujuan, mengetahui konteks, mengenal masyarakat, menyusun gagasan, mengeksplorasi konsep, menyusun solusi, dan merealisasikan penawaran.Desain terminal keberangkatan domestik Tanjung Emas akan mengambil bentuk arsitektural bangunan Lawang Sewu dan Bank Mandiri kota lama Semarang dan dipadukan dengan fasilitas-fasilitas modern di dalamnya.

Author Biography

Jaza Chehata Hadi

Isi Jogjakarta

Published
2020-09-30
How to Cite
HADI, Jaza Chehata. PENERAPAN DESAIN RUANG KEBERANGKATAN DOMESTIK (PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG). JURNAL PENGABDIAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA, [S.l.], v. 1, n. 1, sep. 2020. ISSN 2746-1319. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/TTG/article/view/570>. Date accessed: 20 oct. 2020.