PELATIHAN DAN PEMBUATAN SEDIAAN KOSMETIKA TANAMAN OBAT

  • Ahwan Abdul

Abstract

Kosmetika banyak digunakan oleh masyarakat terutama wanita, sehingga menjadi kebutuhan yang pokok oleh wanita dalam mempercantik dan memperindah diri secara fisik dan jasmani. Karena banyaknya kosmetik yang beredar dipasaran merupakan bahan kimia yang mempunyai efek samping berbahaya manusia. Pelatihan pembuatan sediaan kosmetik dari tanaman obat tradisional untuk pegawai Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Kota Pekalongan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill karyawan dalam pembuatan sediaan kosmetika terutama berbahan dasar tanaman obat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui pelatihan cara membuat Kosmetika dan cara pengemasannya, melalui tahapan persiapan alat dan bahan, pembuatan ekstrak dan pengolahan menjadi kosmetik, serta cara pengemasan yang menarik. Pengabdian yang telah dilaksanakan memberikan kemanfaatan kepada pegawai
secara khusus dan masyarakat secara umumnya. Mereka mampu membuat sediaan kosmetika yang aman, berkualitas dan dapat bersaing. Dari hasil ini dapat meningkatkan nilai keuntungan dalam segi bisnis dan dapat memberikan wawasan bagi masyarakat dan pengunjung ke PSPJ Kota Pekalongan.

Author Biography

Ahwan Abdul

Pimpinan Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Karanganyar Jawa Tengah

Published
2020-09-30
How to Cite
ABDUL, Ahwan. PELATIHAN DAN PEMBUATAN SEDIAAN KOSMETIKA TANAMAN OBAT. JURNAL PENGABDIAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA, [S.l.], v. 1, n. 1, sep. 2020. ISSN 2746-1319. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/TTG/article/view/581>. Date accessed: 26 oct. 2020.