PENGENALAN BERBAGAI JENIS KAYU SOLID DAN KONSTRUKSINYA UNTUK FURNITURE KAYU

  • Dina Kristiana Seftianingsih

Abstract

Kayu solid merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan furniture yang ada di Indonesia. Furniture
adalah istilah yang biasa digunakan untuk perabot rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat menyimpan
barang, tempat tidur, tempat duduk dan lain sebagainya. Adapun jenis-jenis kayu solid yang dapat dimanfaatkan
sebagai furniture diantaranya adalah dari pohon jati, pohon mahoni, pohon nangka, pohon sonokeling, pohon
pinus, pohon eboni dan lain sebagainya. Pohon-pohon tersebut menyebar diberbagai daerah di Indonesia dan tidak susah untuk didapatkan sehingga banyak sekali perusahaan furniture atau pengrajin yang mencarinya. Kayu solid sendiri selain digunakan untuk furniture juga dapat digunakan sebagai konstruksi bangunan. Tetapi
sekarang ini masyarakat banyak menggunakan kayu-kayu solid untuk dijadikan karya dalam pembuatan furniture dan hasil kriya kayu.
Selain mengenal jenis-jenis kayu dalam pembuatan furniture, masyarakat juga harus mengetahui konstruksi dari furniture yang akan dibuat. Konstruksi adalah sambungan antara komponen satu dengan komponen lainnya yang tersusun secara struktural. Dari berbagai desain furniture tersebut konstruksi yang dipakai juga berbeda dengan desain furniture lainnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan, yang kemudian disimpulkan menjadi sebuah pedoman untuk analisis pengenanalan berbagai jenis kayu solid dan konstruksinya untuk furniture berbahan utama kayu. Hasil dari pengenalan tentang furniture kayu adalah sebagai ilmu bagi masyarakat yang ingin mengembangkan ide melalui perancangan furniture kayu.

Published
2020-07-14
How to Cite
SEFTIANINGSIH, Dina Kristiana. PENGENALAN BERBAGAI JENIS KAYU SOLID DAN KONSTRUKSINYA UNTUK FURNITURE KAYU. JURNAL KEMADHA, [S.l.], v. 7, n. 1, july 2020. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/kmd/article/view/470>. Date accessed: 20 oct. 2020.