https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/issue/feed JURNAL TALENTA PSIKOLOGI 2025-10-14T01:38:40+00:00 Dhian Riskiana Putri, S.Psi., M.A. psikologi@usahidsolo.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>JURNAL TALENTA PSIKOLOGI </strong>merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Psikologi Universitas Sahid Surakarta, menerima dan mempublikasikan artikel ilmiah dengan Ruang Lingkup Psikologi: pendidikan, sosial, perkembangan, komunitas, serta industri organisasi. Jurnal Talenta Psikologi terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan <strong>Februari dan Agustus</strong>. Artikel yang dikirim dapat berupa hasil penelitian dari berbagai mitra akademik. Penulisan artikel disesuaikan dengan template Jurnal Talenta Psikologi untuk selanjutnya akan direview oleh TIM Redaksi sebelum diterbitkan dengan <strong>ISSN 2089-905X dan eISSN 2830-3946</strong></p> https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/2009 POTRET KEBAHAGIAAN-SELIGMAN MELALUI ENGAGEMENT MASYARAKAT KALIWUNGU PADA TRADISI WEH-WEH’AN 2025-04-22T00:47:59+00:00 Margaretta Erna Setianiningrum, Veronica Ayu Marharanauli Siregar margaretha.erna@uksw.edu <p><em>Penelitian ini mengkaji kebahagiaan masyarakat Kaliwungu yang muncul dari keterlibatan (engagement) mereka dalam tradisi Weh-wehan, perspektif psikologi positif Martin Seligman memberikan wawasan dalam eksplorasi ini. Delapan informan dari masyarakat Kaliwungu yang aktif dalam tradisi Weh-wehan berpartisipasi dalam penelitian kualitatif fenomenologis melalui metode wawancara mendalam dan observasi. Melalui reduksi data, kategorisasi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan, kita melakukan teknik analisis data, dan menggunakan analisis tematik untuk memahami makna serta pengalaman subjektif partisipan.</em> <em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat dalam tradisi Weh-wehan tidak hanya meningkatkan rasa kebersamaan, tetapi juga memberikan makna yang lebih dalam terhadap kehidupan sosial mereka.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: kebahagiaan, keterlibatan, weh-weh’an.</em></p> 2025-07-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 veronica https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/2013 PERAN DUKUNGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL PADA ATLET BALAP SEPEDA DI SOLO RAYA 2025-04-22T01:26:57+00:00 Farrenty Desfenta Putri mamthastt@gmail.com <p>Kesehatan mental merupakan elemen penting dalam menjaga performa atlet, terutama dalam cabang olahraga yang memerlukan konsentrasi dan ketahanan tinggi seperti balap sepeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dalam meningkatkan kesehatan mental atlet balap sepeda di Solo Raya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan desain studi kasus, dengan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, dan observasi . Penelitian ini melibatkan 10 atlet aktif, 2 pelatih, dan 2 anggota keluarga.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial, baik berupa emosional, instrumental, informasi, maupun penghargaan, memberikan kontribusi signifikan dalam pengurangan stres, peningkatan rasa percaya diri, dan ketahanan mental atlet. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman keluarga dan terbatasnya dukungan finansial. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan kolaboratif antara pelatih, keluarga, komunitas olahraga, dan pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental atlet.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: dukungan sosial, kesehatan mental, atlet, balap sepeda, Solo Raya.</em></strong></p> 2025-07-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 ferrenty https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/2011 PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP ASPEK PSIKOSOSIAL ANAK TK MASYITOH IV SURAKARTA 2025-04-22T01:11:15+00:00 Inda Putri Kinanti indaputrik@gmail.com <p>Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan lingkungan luar ruangan pertama bagi anak, tempat mereka mendapatkan kesempatan untuk berkembang sejak dini. Lingkungan keluarga berperan penting dalam membentuk aspek psikososial anak, seperti kemampuan bersosialisasi dan inisiatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan psikososial anak di TK Masyitoh IV, Surakarta. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional pada 24 responden, dan analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa 75% anak memiliki perkembangan psikososial yang baik, dan 50% responden berada dalam lingkungan keluarga yang tinggi. Namun, hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara lingkungan keluarga dan perkembangan psikososial anak (P-Value =1,000). Penelitian ini tidak sejalan dengan studi sebelumnya yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Sebaiknya orang tua untuk mempelajari pola asuh yang lebih relevan dengan kondisi saat ini, seperti pola asuh demokratis yang menekankan empati dan fleksibilitas, untuk mendukung perkembangan psikologis dan emosional anak secara optimal.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> Lingkungan Keluarga, Psikososial Anak, Pola Asuh, Taman Kanak-Kanak.</p> 2025-07-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 indaputri https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/1974 GAMBARAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN METODE STEAM BERBASIS LOOSE PARTS DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM 2025-02-20T03:09:52+00:00 Septiani Hapidah, Sri Ernawati, Dhian Riskiana Putri septianihapidah3@gmail.com <p class="s12"><span class="s11"><span class="bumpedFont15">Creativity</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">in</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">early</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">childhood</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">is</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">the</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">ability</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">to</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">explore</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">the</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">environment,</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">solve</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">problems in</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">unique</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">and</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">imaginative</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">ways,</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">and</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">generate</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">new</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">ideas.</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">The</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">study</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">aims</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">to</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">determine how the loose parts-based STEAM method is in increasing the creativity of children aged</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">4-5</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">years</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">at</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">the</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">Taman</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">Anak</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">Sanggar</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">Anak</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">Alam</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">.</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">This</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">research</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">used</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">a</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">qualitative method</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">with</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">a</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">case</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">study approach.</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">Data</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">were</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">collected</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">using</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">observation, interview, and</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">documentation</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">techniques.</span></span><span class="s11"><span class="bumpedFont15">There</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">were</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">8</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">research</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">informants,</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">namely,</span></span> <span class="s11"><span class="bumpedFont15">facilitators, PKBM chairpersons, and parents. The results indicate that there are several descriptions that increase children's creativity through the loose parts-based STEAM method, namely: A supportive environment, exploration through loose parts, development of curiosity and problem-solving, collaboration and role-playing, integration of STEAM concepts, and the role of facilitators.</span></span></p> <p class="s10">&nbsp;</p> 2025-07-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Septiani Hapidah https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/2012 PERAN PSIKOTES DALAM SELEKSI KARYAWAN : STUDI KASUS PADA PROSES REKRUTMEN DI PT JAYA PERKASA 2025-04-22T01:17:07+00:00 Devina Widi Astuti devinawidi22@gmail.com <h1>Perekrutan karyawan merupakan hal penting dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penggunaan psikotes dengan TIU 5 dalam proses rekrutmen karyawan dapat membantu mengetahui kompetensi dan kemampuan calon karyawan. Meskipun efektif, penjelasan instruksi yang kurang dapat membuat calon karyawan tidak sepenuhnya memahami. Oleh karena itu, perlunya penjelasan instruksi yang mudah dipahami agar proses rekrutmen berjalan dengan lancar.</h1> <p><strong>Kata kunci : </strong><em>psikotes, perekrutan karyawan</em>.</p> 2025-07-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 devina https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/2010 PROFIL PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER DI SD PRATAMA SUKOHARJO 2025-04-22T01:04:28+00:00 Meydita Rizka Anggreani, Dhian Riskiana Putri meyditarizka529@gmail.com <p>Sekolah Dasar merupakan jenjang awal bagi siswa dalam menempuh pendidikan yang salah satunya untuk membentuk karakter dasar pada proses perkembangannya dan membangun dasar pengetahuan siswa yang akan digunakan untuk pendidikan selanjutnya, saat ini pemerintah sedang gencar menerapkan sekolah berkarakter di mana dalam sekolah tersebut menerapkan proses pembentukan karakter pada peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrument observasi, wawancara yang bertempat di SD Pratama Sukoharjo dengan subjek penelitian kepala sekolah dan siswa kelas 4</p> 2025-07-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 meydita