Implementasi Pelatihan Komunikasi Efektif dalam Complaint Handling Bagi Aparat Desa Simoketawang
Keywords:
komunikasi efektif, complaint handling, aparat desaAbstract
Desa Simoketawang memiliki tujuan salah satunya untuk berkembang menjadi desa mandiri. Oleh karena itu, Desa Simoketawang bersama Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya membuat program kegiatan Pengembangan Wisata Kampung Kelengkeng menjadi Desa Mandiri Berbasis Wisata Agro. Pihak desa berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas di semua lini, tidak terkecuali pada bidang sumber daya manusianya. Salah satu sumber daya manusia yang paling penting untuk dikembangkan ialah aparat desa. Aparat desa bertugas untuk memberikan pelayanan pada semua warga di Desa Simoketawang yang terdiri dari 1800 penduduk. Untuk itu, kemampuan aparat desa dalam melayani menjadi suatu hal yang wajib dimiliki, terutama ketika menghadapi suatu masalah atau komplain agar tercipta suatu solusi dan tidak ada perasaan atau sikap kecewa pada aparat desa. Salah satu hal yang dapat meminimalisir masalah pada saat menangani complain ialah dengan kemampuan komunikasi efektif. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan komunikasi efektif dalam menangani complain bagi apparat desa simoketawang. Pelatihan ini dilakukan secara luring di Aula Balai Desa Simoketawang pada tanggal 28 Oktober 2022, dengan jumlah peserta sebanyak 8 aparat desa. Materi diberikan oleh praktisi yaitu Bawinda Sri Lestari, SH., M.Psi yang merupakan ahli public speaking dan pengembangan diri. Melalui pelatihan tersebut, terjadi peningkatan keberdayaan mitra yang ditunjukkan dari hasil pre test dan post test peserta. Hasil pengetahuan yang diperoleh sebelum diberikan pelatihan ialah sebesar 70%, namun setelah diberikan pelatihan pengetahuan terdapat peningkatan yaitu menjadi 96%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat dikatakan pelatihan ini efektif dilakukan.
Downloads
References
J. Rachmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.