Pelatihan dan Pendampingan Brand Management Berbasis Sosial Media Instagram di Kolam Renang Tirta Mas

Authors

  • Hardika Khusnuliawati Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Prima Prihatini Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

digital brand management, pelatihan, sosial media, Instagram, kolam renang

Abstract

Kolam renang Tirta Mas merupakan usaha mandiri yang menyediakan jasa sewa kolam renang. Kolam Renang Tirta Mas sudah memanfaatkan media sosial dan internet selain metode tradisional mouth to mouth. Akan tetapi, Kolam Renang Tirta Mas belum menerapkan brand management secara optimal melalui platform Instagram. Keberadaan instagram sebagai salah satu media promosi Kolam Renang Tirta Mas memiliki potensi besar untuk dikelola sehingga menjadi penyumbang peningkatan konsumen. Sehinggap perlu optimalisasi branding Kolam Renaang Tirta Mas melalui sosial media tersebut. Pelatihan dan pendampingan brand management berbasis sosial media Instagram secara sistematis dan terbagi menjadi tiga tahap. Tahapan kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi terkait digital brand management, pelatihan dan pendampingan untuk optimalisasi profil akun media social, serta strategi dan perencanaan konten media sosial Instagram. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan, pada tahap pelatihan berfokus pada pengaturan copywriting dan pengelolaan template desain unggahan. Sedangkan pada tahap pendampingan, dilakukan pemantauan unggahan sosial media yang dilakukan admin Instagram untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi.

References

H. L. Marpaung dan S. Widaningsih, “Analisis Efektivitas Iklan Sosial Media Instagram Menggunakan Metode CRI (Customer Response Index) Pada Sunny Side Coffee,” eProceedings …, vol. 6, no. 1, hal. 1–13, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/11499.

A. M. Tartaglione, Y. Cavacece, G. Russo, dan G. Granata, “A systematic mapping study on customer loyalty and brand management,” Adm. Sci., vol. 9, no. 1, 2019, doi: 10.3390/admsci9010008.

L. Bäck dkk., “Digital Brand Management : A Company and Consumer Perspective Digital Brand Management : A Company and Consumer Perspective,” Arcada Work. Pap., vol. 1, hal. 1–28, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://www.theseus.fi/handle/10024/141477.

L. Liu, D. Dzyabura, dan N. Mizik, “Visual listening in: Extracting brand image portrayed on social media,” Mark. Sci., vol. 39, no. 4, hal. 669–686, 2020, doi: 10.1287/mksc.2020.1226.

L. Marcell, “Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Corporate Social Responsibility Dan Segmentasi Pasar Pt. Xyz Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Manaj. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1284880.

S. Khan, “Instagram as a marketing tool for luxury brands,” Int. J. Manag. Bus. Res., vol. 8, no. 1, hal. 120–126, 2018.

Jesslyn dan G. Agustiningsih, “Application of Copywriting Elements in Social Media Advertising Drinking Products Now in Creating Consumer Interest,” J. Komun. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, hal. 55–67, 2021, doi: 10.46806/jkb.v9i1.678.

F. Tempola dan A. F. Assagaf, “Clustering of Potency of Shrimp In Indonesia With K-Means Algorithm And Validation of Davies-Bouldin Index,” vol. 1, no. Icst, hal. 730–733, 2018, doi: 10.2991/icst-18.2018.148.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check