Upaya Mengembangkan Sentra Jamu Kismoyoso melalui Media Branding sebagai Desa Wisata Kesehatan

Authors

  • Erwin Kartinawati Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sofia Ningsih Rahayu Putri Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Rahmat Wisudawanto Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Destika Wahyu Pratiwi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Devandra Dicky Kurniawan Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Agun Gilang Pryadi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Kismoyoso, Kesehatan, jamu, branding, promosi, ekonomi

Abstract

Ada sekitar 75 warga yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang jamu di Desa Kismoyoso Boyolali Jawa Tengah. Mereka menjajakan jamu buatan tangan secara tradisional dengan cara berkeliling dari satu desa ke desa dan atau melalui pasar-pasar tradisional. Keberadaan mereka sudah sejak lama dan merupakan usaha turun temurun dari generasi sebelumnya. Kismoyoso sebagai Kampung Jamu memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai kampung wisata sekaligus sebagai upaya untuk membantu meningkatkan perekonomian warga, khususnya para perajin jamu. Program ini menjadi perlu mengingat situasi bangsa yang tengah dilanda pandemi. Program Desa Wisata Kesehatan yang kami rencanakan ini sekaligus dapat membantu upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi melalui partisipasi warga. Metode kegiatan akan dilakukan dengan dua acara. Pertama melalui pelatihan keterampilan media branding dan yang kedua melalui standarisasi mutu. Pada kegiatan di tahun pertama ini kami focus pada upaya yang pertama.

Pemerintah desa berkepentingan dalam memajukan taraf hidup masyarakatnya. Cara yang dapat dilakukan adalah melalui bantuan promosi. Inilah yang akan kami garap. Kami memberikan pelatihan bagi para aparatur desa dan juga anggota masyarakat (kelompok) mengenai kemampuan memaksimalkan media sosial sebagai alat branding atau pencitraan tentang Desa Kismoyoso sebagai kawasan sentra jamu tradisional. Dari penguasaan media sosial sebagai alat branding diharapkan dapat tercipta rintisan Kismoyoso sebagai desa wisata kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kudus R. Dianggap Bisa Tangkal Virus Korona, Jahe Merah Diserbu Warga [Internet]. Jawa Pos Radar Kudus, 05 Maret 2020, 14: 03: 43 WIB. 2020. Available from: https://radarkudus.jawapos.com/read/2020/03/05/182313/dianggap-bisa-tangkal-viruskorona-jahe-merah-diserbu-warga

Nurhidayat. Dipercaya Mampu Menangkal Virus Corona, Harga Jahe Merah Melonjak Dua Kali Lipat [Internet]. TimesIndonesia. 2020. Available from: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/255178/dipercaya-mampu-menangkalvirus-corona-harga-jahe-merah-melonjak-dua-kali-lipat%0

Kurniati R. Jahe, kunyit, Lengkuas dan Serai Ikut-ikutan Naik Harga, Pedagang: Tetap Diserbu Pembeli [Internet]. Tribunpadang.com, Jumat, 20 Maret 2020 17:02. 2020. Available from: https://padang.tribunnews.com/2020/03/20/jahe-kunyit-lengkuas-danserai-ikut-ikutan-naik-harga-pedagang-tetap-diserbu-pembeli%0D

Sumayyah, Shofiah; Salsabila N. Obat tradisional : antara khasiat dan efek samping.

Farmasetika [Internet]. 2018;2(5):1–4. Available from: http://jurnal.unpad.ac.id/farmasetika/article/view/16780/10686

Bizzinsight. Obat Herbal Kunci Sehatnya Masyarakat Indonesia [Internet].

trinunews.com. 2020 [cited 2022 Feb 13]. Available from: https://www.tribunnews.com/kesehatan/2020/03/02/obat-herbal-kunci-sehatnyamasyarakat-indonesia

Kartinawati E, Purwasito A. Pemanfaatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Guna

Meningkatkan Hasil Penghimpunan Dana Organisasi Nirlaba Lembaga Amil Zakat

(LAZ) Solo Peduli-Surakarta. J Abdimas BSI J Pengabdi Kpd Masy [Internet].

;3(1):1–11. Available from: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/5566/pdf

Suwardi P. Seputar Bisnis dan Produksi Siaran Televisi. Sumatera Barat: TVRI; 2006.

Pattanaik SS. COVID-19 Pandemic and India’s Regional Diplomacy. South Asian Surv [Internet]. 2021;28(1):92–110. Available from: https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0971523121999293

Litbangkes H. Penggunaan Obat Tradisional untuk Terapi Covid-19 [Internet].

litbang.kemkes.go.id. 2020 [cited 2022 Feb 13]. Available from:

https://www.litbang.kemkes.go.id/penggunaan-obat-tradisional-untuk-terapi-covid-19/

Lauren CC, Cindy C, Kristiani D, Saly JN. Pemanfaatan Obat Tradisional Penangkal Penularan Covid-19. Pros SENAPENMAS. 2021;1095.

Anggraeni AD, Jamil AS, Rofida S. Agen Peningkatan Imunitas Tubuh Dalam Melawan Covid-19 Di Surat Kabar Online. J Kesehat Masy [Internet]. 2021;8(2):207–26.

Available from:

https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/684/301

Rachmat Faisal Syamsu SNMFJ. 3542-Article Text-16925-1-10-20210515. Molucca

Medica . 2021;Volume 14,(April).

Qonitah F, Ahwan A. AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN FENOLIK TOTAL FRAKSI N-HEKSAN DAN KLOROFORM DAUN JERUK PURUT (Citrus

hystrix). J Ilm As-Syifaa [Internet]. 2019;11(2):99–102. Available from:

http://jurnal.farmasi.umi.ac.id/index.php/as-syifaa/article/view/542/pdf

DEWI RS. Penggunaan Obat Tradisional Oleh Masyarakat di Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru. J Penelit Farm Indones [Internet]. 2019;8(1):41–5. Available from:

https://ejournal.stifar-riau.ac.id/index.php/jpfi/article/view/781/54

Ratna Sari Dewi, Sri Fadilah Nur illahi, Fina Aryani, Erniza Pratiwi TTA. Persepsi

Masyarakat Mengenai Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. J Penelit Farm Indones

[Internet]. 2019;8(2):75–9. Available from: https://ejournal.stifarriau.ac.id/index.php/jpfi/article/view/782/59.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check