PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PHANTOM PENGAMBILAN DARAH ARTERI SEDERHANA BAGI MAHASISWA DI LABORATORIUM PRODI KEPERAWATAN UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA
Keywords:
alat peraga, phantom, ketrampilan keperawatan, pengambilan darah arteri, pratikum laboratoriumAbstract
Analisis gas darah arteri (AGD) merupakan prosedur yang sering dikerjakan dan merupakan standar baku untuk menentukan status asam basa, ventilasi dan oksigenasi pasien. Mahasiswa keperawatan perlu bekal dan ketrampilan yang mumpuni terkait pengambilan darah arteri untuk analisa gas darah. Ketersediaan phantom untuk sarana pratikum sangat diperlukan, tapi phantom ini sangat mahal dan tidak mungkin praktik ini langsung kepada manusia. Perlu intervensi untuk membuat mahasiswa keperawatan menjadi paham terkait ketrampilan klinis ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehandalan phantom pengambilan darah arteri dalam meningkatkan ketrampilan klinik mahasiswa pada kegiatan praktikum di laboratorium keperawatan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Keperawatan Universitas Sahid Surakarta, pada bulan JuliAgustus 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 orang mahasiswa dan 5 orang dosen. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), langkah-langkah yang peneliti gunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini mengacu kepada rancangan yang dikembangan oleh Borg dan Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa phantom modifikasi yang dikembangkan dinilai dapat digunakan sebagai alat peraga pengambilan darah arteri berdasarkan kebutuhan yang ada dan media yang telah dikembangkan telah dapat digunakan untuk praktikum karena memiliki tampilan umum dan khusus yang telah dinilai baik. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat melakukan pengembangan media pembelajaran phantom pengambilan darah arteri sederhana dalam rangka menyempurnakan prototipe yang sudah ada.
Downloads
References
An-Nida', 37(1), 27-34. Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. (2010). Operational research to improve health services: a guide for proposal development; Decsmont Tutu TB Centre.
Anung Nurfa, (2012). Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal : Semarang. Universitas Negeri Semarang. Vol.IV, No.01:8-9.
Aronson L. Twelve Tips for Teaching Reflection at All Levels of Medical Education. Med Teach. 2011:200-205
Asiyai, & Romina I. (2012). Assesing School Facilities in Public Secondary School in Delta
State, Nigeria. African Research Review An International Multidiciplinary Journal,
Vol. 6 (2), Serial No.25, April, 2012, pp. 192-205.
Bayoumy, H. M. M., & Alsayed, S. (2021). Investigating relationship of perceived
learning engagement, motivation, and academic performance among nursing
students: A multisite study. Advances in Medical Education and Practice, 12, 351.
Bayoumy, H. M., & Al Jadaani, M. A. (2015). The effect of PEG tube feeding simulation on nursing students’ knowledge, competence, self-reported confidence and satisfaction with learning. Athens Journal of Health, 2(4), 297-311.
Casey, K., Fink, R., Jaynes, C., Campbell, L., Cook, P., & Wilson, V. (2011). Readiness for practice: The senior practicum experience. Journal of Nursing Education, 50(11), 646- 652.
Chapman, R., & Orb, A. (2000). The nursing students lived experience of clinical practice.
Chu YC etc. Prediction of arterial blood gas values from venous blood gas values in
patients with acute respiratory failure receiving mechanical ventilation. 2003.
Ariosta, dkk, Prediksi Nilai Analisa Gas ..... 81
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1 4569318
Fang, D., Htut, A. M., Bednash, G. D., & American Association of Colleges of Nursing.
(2008). 2007-2008 Salaries of Instructional and Administrative Nursing Faculty in
Baccalaureate and Graduate Programs in Nursing. American Association of Colleges of
Nursing.
Farahat, E., Rice, G., Daher, N., Heine, N., Schneider, L., & Connell, B. (2015). Objective
structured clinical examination (OSCE) improves perceived readiness for clinical
placement in nutrition and dietetic students. Journal of allied health, 44(4), 208-214.
Fauziyah, Z. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas III Merjosari 2 Malang. In
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 11, Issue 1).
Fitri, A., dkk (2019). Pengembangan Media Pembelajaran: Squishy Sebagai Alternatif
Alat Peraga Payudara Pada Kegiatan Praktikum Di Laboratorium Fakultas
Keperawatan Universitas Riau. Riau : Fakultas Keperawatan Universitas Riau:
Penelitian tidak dipublikasikan..
Fuad, M.Z. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintregasi Life Skills Pada
Materi Bangun Ruang. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan.
Hawker, J., & Walker, K. (2010). An objective structured clinical examination to assess
preclinical skills. Nutrition & Dietetics, 67(2), 102-105.
Ironside, P. M., McNelis, A. M., & Ebright, P. (2014). Clinical education in nursing:
Rethinking learning in practice settings. Nursing Outlook, 62(3), 185-191.
Istadi Y. Hubungan antara Dimensi Kepercayaan tentang Hubungan di antara AnggotaAnggota Kelompok dengan Keefektifan Kelompok Tutorial PBL The Correlation
between the Dimention of Trust among the Member of. 2011;3(1):16-23.
Kaur, K., Vadivukkarassi, P., & Bala, K. (2014). A Pre-Experimental Study to Assess the
Effectiveness of Planned Teaching Programme on Knowledge Regarding Menstrual
Hygiene Among Adolescent Girls in Selected Schools of Mohali,
Punjab. International Journal of Nursing Education and Research, 2(4), 362-368.
Louise C.F. Rang. Can peripheral venous blood gases replace arterial blood gases in
emergency department patients Canadian Journal of Emergency Medicine vol 4.
1, 7-13.
Luterbach. (2012). Instruktional Technologys Discovery, Sharing and Preparing. East
Carolna University: Vol. 56.
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah
Pengembangan pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran).
Malini, H., & Huriani, E. (2006). Kajian metoe pengajaran klinik dalam meningkatkan
pencapaian kompetensi mehasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan dalam
praktek profesi Keperawatan Medikal Bedah. Tidak dipublikasikan.
Marshall, W. J., Lapsley, M., Day, A., & Shipman, K. (2020). Clinical chemistry. Elsevier
Health Sciences.
Maulidta, M. (2017). Influence learning quality laboratory practices against nursing
learning outcomes practical nursing student KDM II Widya HusadaISSN : 2809-1698 9
https://jurnal.usahidsolo.ac.id/
Semarang. NURSCOPE: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 3(1), 35-
Maulidta, RP, D., & P, H. (2017). Pengaruh Mutu Pembelajaran Laboratorium Terhadap
Hasil Praktikum Mahassiswa Semester II Keperawatan Widya Husada Semarang.
NURSCOPE . Jurnal Keperawatan Dan Pemikiran Ilmiah, 3(5), 35–42.
Muttaqin, Arif. 2008. Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Pernafasan.
Jilid I.Jakarta: Salemba Medika.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat
peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah.
Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219-230.
Oktaria D. Refleksi Diri sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran di Fakultas Kedokteran.
:76-82.
Pusdiknakes Depkes, R. I. (2010). Sumber Fisis. Teori tentang Transcutaneus nerve electrical
stimulation. Jakarta: Progam Studi D III Universitas Kristen Indonesia hal, 170-188.
Ratnawati, E. (2018). Pengelolaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1
Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali (Doctoral dissertation,
Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Saputra O, Lisiswanti R. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran
keterampilan klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran. Jurnal Kedokteran.
;5(9):104- 109.
Severinghaus, J. W. (1979). Simple, accurate equations for human blood O2 dissociation
computations. Journal of Applied Physiology, 46(3), 599-602.
Severinghaus, J. W., Astrup, P., & Murray, J. F. (1998). Blood gas analysis and critical care
medicine. American journal of respiratory and critical care medicine, 157(4), S114-S122.
Smith, A. K., Conneely, K. N., Kilaru, V., Mercer, K. B., Weiss, T. E., Bradley, B., ... &
Ressler, K. J. (2011). Differential immune system DNA methylation and cytokine
regulation in post‐traumatic stress disorder. American Journal of Medical Genetics Part
B: Neuropsychiatric Genetics, 156(6), 700-708.
Strasinger, S. K., & Di Lorenzo, M. S. (2014). Urinalysis and body fluids. FA Davis.
Susilana, R & Riyana, C (2009). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan,
pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima
Susilowati, L. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pembelajaran di
Laboratorium Kebidanan Mahasiswa Semester IV AKBID Sentra Bina Yudhistira
Tangerang. Journal Scientific Soluten, Vol. 1 No. 1, 102-114
Syahreni, E., & Waluyanti, F. T. (2007). Pengalaman mahasiswa S1 keperawatan program
reguler dalam pembelajaran klinik. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(2), 47-53.
White CB, Ross PT, Gruppen LD. Remediating Students Failed OSCE Performances at
One School: The Effects of Self-Assessment, Reflection, and Feedback. 2009;84(5):651-