PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PHANTOM PENGAMBILAN DARAH ARTERI SEDERHANA BAGI MAHASISWA DI LABORATORIUM PRODI KEPERAWATAN UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA

Authors

  • Widiyono . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Indriyati . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Lu’luul Fitriyah Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Maya Nandasari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

alat peraga, phantom, ketrampilan keperawatan, pengambilan darah arteri, pratikum laboratorium

Abstract

Analisis gas darah arteri (AGD) merupakan prosedur yang sering dikerjakan dan merupakan standar baku untuk menentukan status asam basa, ventilasi dan oksigenasi pasien. Mahasiswa keperawatan perlu bekal dan ketrampilan yang mumpuni terkait pengambilan darah arteri untuk analisa gas darah. Ketersediaan phantom untuk sarana pratikum sangat diperlukan, tapi phantom ini sangat mahal dan tidak mungkin praktik ini langsung kepada manusia. Perlu intervensi untuk membuat mahasiswa keperawatan menjadi paham terkait ketrampilan klinis ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehandalan phantom pengambilan darah arteri dalam meningkatkan ketrampilan klinik mahasiswa pada kegiatan praktikum di laboratorium keperawatan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Keperawatan Universitas Sahid Surakarta, pada bulan JuliAgustus 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 orang mahasiswa dan 5 orang dosen. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), langkah-langkah yang peneliti gunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini mengacu kepada rancangan yang dikembangan oleh Borg dan Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa phantom modifikasi yang dikembangkan dinilai dapat digunakan sebagai alat peraga pengambilan darah arteri berdasarkan kebutuhan yang ada dan media yang telah dikembangkan telah dapat digunakan untuk praktikum karena memiliki tampilan umum dan khusus yang telah dinilai baik. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat melakukan pengembangan media pembelajaran phantom pengambilan darah arteri sederhana dalam rangka menyempurnakan prototipe yang sudah ada.

References

An-Nida', 37(1), 27-34. Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. (2010). Operational research to improve health services: a guide for proposal development; Decsmont Tutu TB Centre.

Anung Nurfa, (2012). Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal : Semarang. Universitas Negeri Semarang. Vol.IV, No.01:8-9.

Aronson L. Twelve Tips for Teaching Reflection at All Levels of Medical Education. Med Teach. 2011:200-205

Asiyai, & Romina I. (2012). Assesing School Facilities in Public Secondary School in Delta

State, Nigeria. African Research Review An International Multidiciplinary Journal,

Vol. 6 (2), Serial No.25, April, 2012, pp. 192-205.

Bayoumy, H. M. M., & Alsayed, S. (2021). Investigating relationship of perceived

learning engagement, motivation, and academic performance among nursing

students: A multisite study. Advances in Medical Education and Practice, 12, 351.

Bayoumy, H. M., & Al Jadaani, M. A. (2015). The effect of PEG tube feeding simulation on nursing students’ knowledge, competence, self-reported confidence and satisfaction with learning. Athens Journal of Health, 2(4), 297-311.

Casey, K., Fink, R., Jaynes, C., Campbell, L., Cook, P., & Wilson, V. (2011). Readiness for practice: The senior practicum experience. Journal of Nursing Education, 50(11), 646- 652.

Chapman, R., & Orb, A. (2000). The nursing students lived experience of clinical practice.

Chu YC etc. Prediction of arterial blood gas values from venous blood gas values in

patients with acute respiratory failure receiving mechanical ventilation. 2003.

Ariosta, dkk, Prediksi Nilai Analisa Gas ..... 81

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1 4569318

Fang, D., Htut, A. M., Bednash, G. D., & American Association of Colleges of Nursing.

(2008). 2007-2008 Salaries of Instructional and Administrative Nursing Faculty in

Baccalaureate and Graduate Programs in Nursing. American Association of Colleges of

Nursing.

Farahat, E., Rice, G., Daher, N., Heine, N., Schneider, L., & Connell, B. (2015). Objective

structured clinical examination (OSCE) improves perceived readiness for clinical

placement in nutrition and dietetic students. Journal of allied health, 44(4), 208-214.

Fauziyah, Z. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan

Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Kelas III Merjosari 2 Malang. In

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 11, Issue 1).

Fitri, A., dkk (2019). Pengembangan Media Pembelajaran: Squishy Sebagai Alternatif

Alat Peraga Payudara Pada Kegiatan Praktikum Di Laboratorium Fakultas

Keperawatan Universitas Riau. Riau : Fakultas Keperawatan Universitas Riau:

Penelitian tidak dipublikasikan..

Fuad, M.Z. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berintregasi Life Skills Pada

Materi Bangun Ruang. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Hawker, J., & Walker, K. (2010). An objective structured clinical examination to assess

preclinical skills. Nutrition & Dietetics, 67(2), 102-105.

Ironside, P. M., McNelis, A. M., & Ebright, P. (2014). Clinical education in nursing:

Rethinking learning in practice settings. Nursing Outlook, 62(3), 185-191.

Istadi Y. Hubungan antara Dimensi Kepercayaan tentang Hubungan di antara AnggotaAnggota Kelompok dengan Keefektifan Kelompok Tutorial PBL The Correlation

between the Dimention of Trust among the Member of. 2011;3(1):16-23.

Kaur, K., Vadivukkarassi, P., & Bala, K. (2014). A Pre-Experimental Study to Assess the

Effectiveness of Planned Teaching Programme on Knowledge Regarding Menstrual

Hygiene Among Adolescent Girls in Selected Schools of Mohali,

Punjab. International Journal of Nursing Education and Research, 2(4), 362-368.

Louise C.F. Rang. Can peripheral venous blood gases replace arterial blood gases in

emergency department patients Canadian Journal of Emergency Medicine vol 4.

1, 7-13.

Luterbach. (2012). Instruktional Technologys Discovery, Sharing and Preparing. East

Carolna University: Vol. 56.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah

Pengembangan pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran).

Malini, H., & Huriani, E. (2006). Kajian metoe pengajaran klinik dalam meningkatkan

pencapaian kompetensi mehasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan dalam

praktek profesi Keperawatan Medikal Bedah. Tidak dipublikasikan.

Marshall, W. J., Lapsley, M., Day, A., & Shipman, K. (2020). Clinical chemistry. Elsevier

Health Sciences.

Maulidta, M. (2017). Influence learning quality laboratory practices against nursing

learning outcomes practical nursing student KDM II Widya HusadaISSN : 2809-1698 9

https://jurnal.usahidsolo.ac.id/

Semarang. NURSCOPE: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 3(1), 35-

Maulidta, RP, D., & P, H. (2017). Pengaruh Mutu Pembelajaran Laboratorium Terhadap

Hasil Praktikum Mahassiswa Semester II Keperawatan Widya Husada Semarang.

NURSCOPE . Jurnal Keperawatan Dan Pemikiran Ilmiah, 3(5), 35–42.

Muttaqin, Arif. 2008. Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Pernafasan.

Jilid I.Jakarta: Salemba Medika.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat

peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah.

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219-230.

Oktaria D. Refleksi Diri sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran di Fakultas Kedokteran.

:76-82.

Pusdiknakes Depkes, R. I. (2010). Sumber Fisis. Teori tentang Transcutaneus nerve electrical

stimulation. Jakarta: Progam Studi D III Universitas Kristen Indonesia hal, 170-188.

Ratnawati, E. (2018). Pengelolaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1

Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali (Doctoral dissertation,

Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Saputra O, Lisiswanti R. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran

keterampilan klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran. Jurnal Kedokteran.

;5(9):104- 109.

Severinghaus, J. W. (1979). Simple, accurate equations for human blood O2 dissociation

computations. Journal of Applied Physiology, 46(3), 599-602.

Severinghaus, J. W., Astrup, P., & Murray, J. F. (1998). Blood gas analysis and critical care

medicine. American journal of respiratory and critical care medicine, 157(4), S114-S122.

Smith, A. K., Conneely, K. N., Kilaru, V., Mercer, K. B., Weiss, T. E., Bradley, B., ... &

Ressler, K. J. (2011). Differential immune system DNA methylation and cytokine

regulation in post‐traumatic stress disorder. American Journal of Medical Genetics Part

B: Neuropsychiatric Genetics, 156(6), 700-708.

Strasinger, S. K., & Di Lorenzo, M. S. (2014). Urinalysis and body fluids. FA Davis.

Susilana, R & Riyana, C (2009). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan,

pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Susilowati, L. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pembelajaran di

Laboratorium Kebidanan Mahasiswa Semester IV AKBID Sentra Bina Yudhistira

Tangerang. Journal Scientific Soluten, Vol. 1 No. 1, 102-114

Syahreni, E., & Waluyanti, F. T. (2007). Pengalaman mahasiswa S1 keperawatan program

reguler dalam pembelajaran klinik. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(2), 47-53.

White CB, Ross PT, Gruppen LD. Remediating Students Failed OSCE Performances at

One School: The Effects of Self-Assessment, Reflection, and Feedback. 2009;84(5):651-

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check