Pelatihan “English For Job” Untuk Persiapan Menghadapi Dunia Kerja

Authors

  • Anita Oktaviana Trisna Devi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Dian Muhammad Rifai Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

English, Job, pengabdian

Abstract

Pada Era Globalisasi ini, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris merupakan kunci keberhasilan individu di berbagai bidang terutama didunia kerja yang serba kompetitif saat ini. Kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing yang baik sangat berhubungan erat dengan kemampuan berbahasa. Dengan kemampuan berbahasa asing yang baik maka bisa dipastikan kemampuan berkomunikasi seseorang juga baik. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa asing perlu dikembangkan dengan baik sejak usia sedini mungkin sehingga pada saat dewasa kemampuan berbahasanya bisa berkembang maksimal yang pada akhirnya mengembangkan pula kemampuan berkomunikasinya. Dengan kemampuan berbahasa asing diharapkan seseorang bisa bersaing di tingkat internasional dalam dunia kerja. Pelatihan bahasa inggris yang dilaksanakan pada pengabdian ini mengusung cara yang menyenangkan dan mudah dipahami dalam memberikan bekal bahasa inggris dalam mengarungi dunia kerja dari pembuatan CV, pembuatan Application letter, teknik prsentasi dalam bahasa inggris dan bekal bekal wawancara dalam bahasa inggris. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Pelatihan terdiri dari dua tahap yaitu penyampaian materi dan praktek online membuat surat lamaran kerja dan cv serta presentasi. Tahap penyampaian materi dilaksanakan untuk memberi bekal bagi peserta dalam memahami dasar dasar pembuatan application letter, cv dan teknik presentasi dan wawancara yang baik. Hasil yang diperoleh melalui pengabdian ini adalah bahwa peserta sangat mendapatkan inside dalam penggunaan bahasa inggris didunia kerja. Hal ini terlihat dari adanya diskusi dengan beberapa peserta mengenai topic pembicaraan. Dengan adanya diskusi tersebut diharapkan bahwa materi dapat berguna bagi para mahasiswa didunia kerja kelak

References

Ahmad Izzan dan FM Mahfuddin. (2014). How To Master English. Jakarta: Kesaint Blanc Publishing.

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc

D. Graddol, “The Future of English”, The British Council, London, 1997.

K. Breene, “Which countries are best at English as a second language?”, https://www.weforum.org/agenda/2016/11/whichcountries-are-best-at-english-as-a-secondlanguage-4d24c8c8-6cf6-4067-a7534c82b4bc865b/, 15 November 2016. Mastin, L. 2011. The History of English. http://www.thehistoryofenglish.com/history_today.html

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. 2020. Informasi UTBK – SBMPTN 2020.

Prihantoro, Agung. 2018. Mengembangkan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris yang Kreatif. Jurnal Ulumuddin Volume 8, Nomor 1, Juni 2018.

Pyakurel, S.2014. ASEAN Economic Community and Its Effects on University Education: A CaseStudy of Skill Verification by the Means oProfessional Certification Examination. MBAThesis, Bangkok University, Bangkok.

Paris, Scott G., Carpenter, Robert D., Paris, Alison H., and Halminton, Ellen E. 2005. Spurious and Genuine Correlates of Children’s Reading Comprehension. In Paris and Stahln (Eds.), Children's Reading Comprehension and Assessment. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associate.

Thornbury, Scott. 2003. How to Teach Grammar. New York: Cambridge University Press. Tompkins, E. G., and Hoskinsson, K. 1991. Language Art: Content and Teaching Strategies. New York: Macmillan Publishing Company

Widiyarto, S. dan Sulastri, S. 2015. Peranan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Guna Peningkatan Daya Saing SDM Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Journal of Applied Business and Economic Vol. 2, No. 2.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check