Rumah Baca untuk Mengurangi Ketergantungan Anak terhadap Gadget

Authors

  • Eka Novita Sari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Istignatul Hidayah Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Puput Kurniawati Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Meutia Rahmadhania Fatika Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Rumah baca, gadget, anak, sindon, ketergantungan

Abstract

Pandemi mengubah kebiasaan hidup masyarakat termasuk anak-anak. Kebiasaan bangun pagi, berangkat ke dan belajar di sekolah, selama dua tahun lebih, berganti belajar dari rumah dengan menggunakan laptop, komputer, dan atau telepon seluler. Kebiasaan menggunakan gadget menyebabkan konsentrasi belajar anak menurun. Mereka lebih fokus pada hal-hal yang sifatnya menghibur atau permainan daripada memanfaatkan fitur-fitur lain yang berkenaan dengan materi ajar. Setelah pandemi dinyatakan sebagai epidemi, kegiatan sekolah secara tatap muka langsung kembali dilakukan. Namun, mengembalikan semangat dan ritme anak sama seperti sebelum pandemi ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anak-anak sudah terlanjur terbiasa bahkan bisa dikatakan telah kecanduan gadget. Bagaimana upaya mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget merupakan salah satu program yang kami lakukan dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Sindon Ngemplak Boyolali Jawa Tengah. Caranya adalah dengan menghidupkan rumah baca yang ada di desa tersebut. Rumah baca yang ada selama pandemic mati total. Melalui program hidup rumah baca, didapatkan hasil anak-anak kembali antusias dalam belajar dan membaca buku, berinteraksi sosial, serta terdapat penurunan durasi dalam mengonsumsi gadget dalam per harinya.

References

R. Widya, “Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak,” J. Abdi Ilmu, vol. 13, no. 1, pp. 29–34, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888/839.

E. Damayanti, A. Ahmad, and A. Bara, “Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako,” Martabat J. Peremp. dan Anak, vol. 4, no. 1, pp. 1–22, 2020, doi: 10.21274/martabat.2020.4.1.1-22.

P. Miranti and L. D. Putri, “Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini,” Jendela PLS, vol. 6, no. 1, pp. 58–66, 2021, doi: 10.37058/jpls.v6i1.3205.

A. M. Hasiholan and Y. V Fernando, “Manfaat Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Pendidikan Kristen pada Era Postmodern,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 2400–2410, 2021, [Online]. Available: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1114.

M. Jatmika, Surya; Rahayu, Rizky Putri; Karima, “MANFAAT DAN TANTANGAN GADGET SEBAGAI MEDIA Pendidikan merupakan hal yang penting untuk pembangunan bangsa . Bangsa,” J. PIPSI, vol. 7, no. 2, pp. 111–122, 2022, [Online]. Available: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/2460/pdf.

Zaimah, “Efektivitas Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Masyarakat di PKBM Ceria,” J. Publika, vol. 2, pp. 1–7, 2016, [Online]. Available: https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/publika/article/view/792/pdf_110.

O. C. Jene, “Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat ‘Mortir’ Banyumanik-Semarang,” Ilmu Perputakaan, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2013.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check