Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Cair (POC) Dengan Metode Komposter di Desa Simoketawang, Kec. Wonoayu, Kab. Sidoarjo.

Authors

  • Moh. Nor Ali Aziz Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Adiyaat Putra Prasetya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Ocean Raka Tri Sepfiyansyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Angga Arya Pangestu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Muhamad Syahrul Rifaldhy Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Reno Ajib Firmansyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia

Keywords:

Komposter, Pupuk Organik Cair, Sampah Rumah Tangga

Abstract

Desa Simoketawang terletak di Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia dengan jumlah total skor SDGs desa sebesar 50,53. Mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Simoketawang yang paling mencolok adalah sebagai petani. Penduduk didesa Simoketawang masih minim sekali pengetahuan tentang cara pembuatan kompos dari limbah organik atau limbah dari rumah tangga. Pelatihan pembuatan pupuk organik cair diperlakukan untuk mengurangi limbah atau sampah rumah tangga dimana jika pengolahan limbah ini sampai salah maka akan mengakibatkan bau busuk/pencemaran udara disekitar tempat pengolahan. Tim pengadian masyarakat dalam kegiatan ini memiliki tahapan yaitu persiapan dan pelaksanaan. Tahapan persiapan dilakukan dengan observasi lokasi tempat pengolahan pupuk organik cair dan koordinasi dengan pihak kepala Desa Simoketawang yang merupakan ketua mitra pada kegiatan ini. Tim pengabdian telah menyiapkan tahapan pelaksanaan yang akan dilakukan yaitu dengan sosialisasi dan pelatihan kepada mitra. Selanjutnya dilakukan analisis pre-test dan post-test untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan para mitra dengan sebuah data yang didapatkan dari test tersebut. Hasil nilai dari N-Gain yang ditampilkan adalah 0,83 dikategorikan tinggi. Kemudian terselenggaranya kegiatan pelatihan memberikan keterampilan kepada para mitra dalam membuat pupuk organik cair dengan nilai rata-ratanya 83,54 dengan kategori sangat baik. Selain bekal pengetahuan dan keterampilan, kegiatan ini juga menghasilkan pupuk organik cair yang nantinya digunakan untuk program Desa Simoketawang, Sidoarjo.

References

Admin, “SDGS DESA”, Sistem Informasi Desa, 2021, (Online). Tersedia: https://sid.kemendesa.go.id/sdgs (Diakses 25 Oktober 2022)

J. Pengabdian Kepada Masyarakat, Y. Wardianti, and Y. Krisnawati, “Lontara Abdimas Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (Poc) Dari Sampah Organik Rumahtanggadengan Metode Komposter Sederhana Di Desa H. Wukirsari Kecamatan Tugumulyo,” vol. 2, no. 1, 2021

Hadisuwito, S. Membuat Pupuk Kompos Cair. PT Agromedia Pustaka. Jakarta. 2007

Basmal, J. “Teknologi Pembuatan Pupuk Cair Kombinasi Hidrolisat Rumput Laut Sargassum Sp. Dan Limbah Ikan. 5. (2). 59-66. 2010.

R. Agustina et al., “Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (Poc),” 2022.

Admin, “Komposter Mini Membuat Kompos Dari Limbah Dapur”, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat, (Online), Tersedia:

http://jabar.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-teknologi/595-komposter-min (Diakses 15 Oktober 2022)

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check