Pendampingan Branding Desain dan Kemasan Produk Di Wisata Kampung Kelengkeng Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Angga Dutahatmaja Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Febby Rahmatullah Masruchin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Lukman Hakim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • A. Fajar Gilang Ramadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Juliandro Padapatan Turnip Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Geri Prio Sambodo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Nurul Anwar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia

Keywords:

matching fund, desain, logo, kemasan, umkm, desa, simoketawang

Abstract

Latar belakang : Matching Fund merupakan program hibah dari negara yang diberikan kepada perguruan tinggi yang digunakan untuk membantu civitas akademi untuk melakukan sebuah program pengabdian masyarakat. Universitas 17 Agustus 1945 melalui program Matching Fund berusaha untuk menyalurkan program tersebut di Desa Wisata Kelengkeng, Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo.

Tujuan : Kami melakukan re-branding dengan cara pembuatan logo serta desain kemasan produk di Wisata Kampung Kelengkeng, Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.

Metode : Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan cara kolaboratif dengan pelaku usaha di Desa Wisata Kelengkeng, Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo, dalam hal ini diwakili oleh Ibu-Ibu Asmani Kelasi. Kegiatan dibagi menjadi empat tahap, yaitu tahap survey atau tahap untuk menyeleraskan ide untuk pembuatan desain logo dan kemasan produk dengan pelaku usaha, kedua pembuatan desain logo dan kemasan produk, ketiga melakukan diskusi mengenai logo yang sudah dibuat untuk mencari masukan, kritikan atau koreksi terhadap logo dan kemasan produk yang sudah dibuat dan keempat adalah presentasi desain logo dan kemasan produk kepada Ibu-Ibu Asmani Kelasi di Desa Wisata Kelengkeng, Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo.

Hasil : Hasil dari program ini adalah menghasilkan desain logo dan desain kemasan yang baru untuk meningkatkan penjualan produk Desa Wisata Kelengkeng, Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo.

Kesimpulan : Pelaku usaha di Desa Wisata Kelengkeng, Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo sangat antusias terhadap adanya perubahan desain logo dan kemasan produk di Desa Wisata Kelengkeng, Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dengan harapan dapat meningkatkan penjualan produk tersebut.

References

P. H. Pradnya, H. Abdul, and S. Saleh, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu),” J. Wacana, vol. 17, no. 2, pp. 182–193, 2015.

Erwin Dyah Astawinetu, Y. Kartika, and C. Hidayati, “Inovasi Desain Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Batik,” J. Plakat, vol. 3, no. 2, pp. 182–193, 2021.

S. Gholami and M. Birjandi, “The Effect of market orientationand Entrepreneurial orientation on the performance of SMEs,” J. Curr. Res. Sci., pp. 361–369, 2016.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check