SOSIALISASI BAHAYA GAWAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA GAGAK SIPAT DENGAN VIDEO ANIMASI

Authors

  • Diyah Ruswanti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Christian Bionley Santoso Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Inda Putri Kinanti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Julio Dewangga Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Rian Alvi Triatma Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Teknologi, bahaya gawai, sekolah dasar, Video Animasi

Abstract

SDN 3 Gagaksipat berada di lingkungan pinggiran kota, dengan latar belakang wali murid yang beraneka ragam. Seiring dengan fenomena pembelajaran daring mambuat siswa di sekolah ini terbiasa menggunakan gawai dalam belajarnya. Namun dengan diakhirinya pembelajaran daring dan sisw kembali belajar di kelas, ternyata fenomena penggunaan gawai di usia anak Sekolah Dasar di wilayah SDN 3 Gagaksipat terus dilakukan meskipun tidak untuk proses pembelajaran. Faktanya penggunaan gawai di rumah dilakukan tanpa kontrol dari orang tua, hal ini membahayakan dari sisi psikologi dan sisi kesehatan. Tingkat kesibukan orang tua menjadikan tidak dapat mengontrol secara aktif penggunaan gawai pada anaknya. Untuk itu diperlukan sosialisasi aktif langsung kepada anak pengguna gawai mengenai bahaya penggunaan gawai secara berlebihan. Sosialisasi dengan bantuan video animas, mengingat usia anak SD lebih mudah mendapatkan informasi dengan media visual. Hasil dari kegiatan ini adalah pesan untuk membatasi penggunaan gawai di rumah lebih dapat diterima oleh siswa dan siswa lebih antusias dalam menerima materi dan lebih cepat serta lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Diharapkan siswa dapat mulai belajar sendiri untuk mengontrol penggunaan gawai sehingga tidak mengganggu proses belajar dan perkembangan anak.

References

Chusna, P.A., 2017. Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Din. Penelit. Media Komun. Penelit. Sos. Keagamaan 17, 315–330.

Danial, E., Wasriah, N., 2009. Metode penulisan karya ilmiah. Bandung Laboraturium Pendidik. Kewarganegaraan.

HUSNI, P., Mursyid, M., Gusfarenie, D., 2021. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., Aeni, A.N., 2022. Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. J. Pendidik. dan Teknol. Indones. 2, 19–26.

Novita, Dyah. Dampak Gawai terhadap Otak Anak,https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623142/dampak-gawaiterhadap-otak-anak diakses tanggal 3 Agustus 2022, pukul 17.00.

Rahardjo, M., 2011. Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rolina, N., 2010. Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini. J. UNY.

Suryani, N., Setiawan, A., Putria, A., 2019. Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya.

Wati, E.R., 2019. Ragam media pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check