SOSIALISASI UPAYA MENINGKATKAN UMKM DI DESA GAGAKSIPAT
Keywords:
UMKM, Digital Marketing, boyolaliAbstract
Di Indonesia UMKM mempunyai kontribusi yang penting sebagai pilar perekonomian. Penggerak utama perekonomian di Indonesia selama ini sebagian besar berasal dari sektor UMKM. Di desa Gagaksipat kami melakukan penelitian dengan metode kuantitatif yaitu : wawancara, observasi, dan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian di masyarakat Desa Gagaksipat,Boyolali, Jawa Tengah. UMKM di Desa Gagaksipat sangat rendah dikarenakan kurangnya sosialisasi upaya UMKM dalam bentuk online. Untuk itu dalam pengabdian masyarakat ini melakukan kegiatan sosialisasi. Tujuan sosialisasi UMKM itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Definisi UMKM diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Kegiatan sosialisasi Digital Marketing pada usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM) pada Desa Gagaksipat, Boyolali Jawa Tengah telah dilaksanakan pada hari Minggu, 17 juli 2022 yang bertempat di rumah Ibu Bayan Dusun 1. Sasaran kegiatan sosialisasi ini, yakni para pengusaha UMKM yang terdapat pada Desa Gagaksipat, Hasil dari kegiatan sosialisasi digital marketing diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta usaha UMKM tentang digital marketing, dan dapat dipraktikkan oleh pelaku usaha UMKM.
Downloads
References
Gunartin. (2017). Penguatan UMKM Sebagai Pilar
Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal
Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 2(2), 46–55.
www.journal.uta45jakarta.ac.id
Idris yanto, 2009. Sektor UMKM di Indonesia:
Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan.
Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOSNOMOS. Volume 2, Nomor 1/ Januari
ISSN 1979-1607. LPPEB FIS – UNG
Inc.
Sudiman, S., Fahrudin, W. A., Taufik, T., Subarman,
K., & Taufik, A. (2020). Sosialisasi strategi
usaha kecil menengah untuk meningkatkan
produktivitas pasca pandemi virus COVID19.
Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3),435–438. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAL/article/download/6884/4525
Yusmaniarti, Santi, F., Tamsi, F. L., Marini, & Setiorini, H. (2022). Sosialisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan. Dehasen Mengabdi, 1(1),57–60.